Ukuran Piston Motor Dan Ukuran Diameter Pen Piston Standar - Piston atau yang lebih dikenal dengan nama seher merupakan salah satu komponen penting pada mesin kendaraan bermotor. Komponen ini berfungsi untuk mengatur volume silinder sehingga sangat berpengaruh terhadap performa mesin.
Secara umum cara kerja piston pada mesin yaitu begerak naik turun dari TMA ke TMB di dalam silinder / liner / boring untuk menghasilkan energi kinetik.
Biasanya piston dimodifikasi agar menghasilkan power yang lebih besar dari standar. Modifikasi piston tersebut sering disebut sebagai bore-up. Biasaya piston standar diganti dengan piston baru yang memiliki bobot lebih ringan dan ukurannya lebih besar sehingga tenaga mesin saat diputaran menjadi lebih besar.
Sebenarnya modifikasi piston cukup berbahaya karena jika hanya asal ganti maka dapat berakibat mesin menjadi rusak. Bahkan sering kali motor harus berulang kali turun mesin jika salah memilih diameter piston. Agar terhindar dari masalah tersebut, disarankan untuk tetap menggunakan piston standar.
Sebagian orang mungkin merasa kurang puas dengan performa motor miliknya sehingga nekat melakukan oversize piston. Modifikasi pada piston boleh saja dilakukan yang penting mengetahui cara oversize piston dengan benar.
Sebelum melakukan oversize piston harus tahu terlebih dahulu ukuran piston motor standar yang dibuat pabrikan. Setelah mengetahuinya tinggal melakukan oversize mulai dari oversize 0 - 200.
Jika dipakai harian lebih baik cari aman dan nyamannya saja, jangan asal mengganti ukuran piston menjadi terlalu besar, karena jika piston terlalu besar otomatis volume silinder jadi lebih besar yang mengakibatkan semakin menipisnya ketebalan silinder. Tetapi hal tersebut lain ceritanya jika untuk keperluan balap.
Oversize piston harus dilakukan secara bertahap. Tetapi sebelum itu harus terlebih dahulu mengetahui diameter piston standar, sesuai dengan motor yang akan di oversize. Diameter standar tersebut dapat dikatakan sebagai oversize 0.
Sebagai contoh, pada motor Honda PCX 150 menggunakan diameter piston 58 mm. Artinya Honda PCX memiliki oversize 0 sebesar 58 mm. Jika piston tersebut akan di oversize menjadi lebih besar, maka harus terlebih dahulu di oversize 0.25 mm
Oversize 0.25 mm sama saja dengan menambahkan ukuran piston sebesar 0.25 mm. Maka diameter piston akan berubah menjadi 58.25 mm. Jika menginginkan lebih besar, juga bisa melakukan oversize menjadi 0.50 mm, 1 mm, 1.25 mm, 1.5 mm, 1.75 mm, dan 2 mm. Dengan syarat tetap meperhatikan ketebalan dari silinder motor.
Merubah ukuran piston motor oversize harus dimulai dari yang kecil terlebih dahulu, kemudian ditambah apabila dirasa kurang. Untuk lebih jelasnya soal oversize piston motor, silahkan simak dibawah ini :
Sebenarnya pabrikan hanya menganjurkan oversize sampai 100 atau hanya sebatas menambah ukuran piston motor 1 mm dari standar. Jika sudah lebih dari itu, maka biasanya motor harus menggant silinder / boring dan biayanya cukup mahal.
Beberapa tipe motor juga dapat di oversize sampai 200. Sebagai contoh adalah Yamaha Mio karbu yang memiliki boring lebih tebal dibandingkan motor standar. Meski begitu, ada baiknya jangan memaksakan oversize piston agar mesin tetap optimal.
Sebelum melakukan oversize piston, terlebih dahulu harus mengetahui ukuran piston motor yang akan di oversize. Setiap motor memiliki ukuran piston, jadi wajib mengetahui agar tidak melakukan kesalahan saat oversize piston.
Untuk anda yang merasa yakin untuk oversize piston motor, silahkan simak terlebih dahulu daftar ukuran piston motor dan ukuran diameter pen piston sepeda motor pabrikan Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki berikut ini.
Secara umum cara kerja piston pada mesin yaitu begerak naik turun dari TMA ke TMB di dalam silinder / liner / boring untuk menghasilkan energi kinetik.
Biasanya piston dimodifikasi agar menghasilkan power yang lebih besar dari standar. Modifikasi piston tersebut sering disebut sebagai bore-up. Biasaya piston standar diganti dengan piston baru yang memiliki bobot lebih ringan dan ukurannya lebih besar sehingga tenaga mesin saat diputaran menjadi lebih besar.
Sebenarnya modifikasi piston cukup berbahaya karena jika hanya asal ganti maka dapat berakibat mesin menjadi rusak. Bahkan sering kali motor harus berulang kali turun mesin jika salah memilih diameter piston. Agar terhindar dari masalah tersebut, disarankan untuk tetap menggunakan piston standar.
Sebagian orang mungkin merasa kurang puas dengan performa motor miliknya sehingga nekat melakukan oversize piston. Modifikasi pada piston boleh saja dilakukan yang penting mengetahui cara oversize piston dengan benar.
Cara Oversize Piston Motor
Sebelum melakukan oversize piston harus tahu terlebih dahulu ukuran piston motor standar yang dibuat pabrikan. Setelah mengetahuinya tinggal melakukan oversize mulai dari oversize 0 - 200.
Jika dipakai harian lebih baik cari aman dan nyamannya saja, jangan asal mengganti ukuran piston menjadi terlalu besar, karena jika piston terlalu besar otomatis volume silinder jadi lebih besar yang mengakibatkan semakin menipisnya ketebalan silinder. Tetapi hal tersebut lain ceritanya jika untuk keperluan balap.
Oversize piston harus dilakukan secara bertahap. Tetapi sebelum itu harus terlebih dahulu mengetahui diameter piston standar, sesuai dengan motor yang akan di oversize. Diameter standar tersebut dapat dikatakan sebagai oversize 0.
Sebagai contoh, pada motor Honda PCX 150 menggunakan diameter piston 58 mm. Artinya Honda PCX memiliki oversize 0 sebesar 58 mm. Jika piston tersebut akan di oversize menjadi lebih besar, maka harus terlebih dahulu di oversize 0.25 mm
Oversize 0.25 mm sama saja dengan menambahkan ukuran piston sebesar 0.25 mm. Maka diameter piston akan berubah menjadi 58.25 mm. Jika menginginkan lebih besar, juga bisa melakukan oversize menjadi 0.50 mm, 1 mm, 1.25 mm, 1.5 mm, 1.75 mm, dan 2 mm. Dengan syarat tetap meperhatikan ketebalan dari silinder motor.
Merubah ukuran piston motor oversize harus dimulai dari yang kecil terlebih dahulu, kemudian ditambah apabila dirasa kurang. Untuk lebih jelasnya soal oversize piston motor, silahkan simak dibawah ini :
- Oversize 0 : 0,00 (standar pabrik)
- Oversize 25 : 0,25 mm
- Oversize 50 : 0,50 mm
- Oversize 100 : 1 mm
- Oversize 125 : 1.25 mm
- Oversize 150 : 1.5 mm
- Oversize 175 : 1.75 mm
- Oversize 200 : 2 mm
Sebenarnya pabrikan hanya menganjurkan oversize sampai 100 atau hanya sebatas menambah ukuran piston motor 1 mm dari standar. Jika sudah lebih dari itu, maka biasanya motor harus menggant silinder / boring dan biayanya cukup mahal.
Beberapa tipe motor juga dapat di oversize sampai 200. Sebagai contoh adalah Yamaha Mio karbu yang memiliki boring lebih tebal dibandingkan motor standar. Meski begitu, ada baiknya jangan memaksakan oversize piston agar mesin tetap optimal.
Daftar Ukuran Piston Motor Dan Ukuran Diameter Pen Piston Standar
Untuk anda yang merasa yakin untuk oversize piston motor, silahkan simak terlebih dahulu daftar ukuran piston motor dan ukuran diameter pen piston sepeda motor pabrikan Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki berikut ini.
1. Diameter Ukuran Piston Motor Honda
No | Tipe Motor | Diameter Piston | Diameter Pen |
1 | Honda Supra | 50 mm | 13 mm |
2 | Honda Supra X | 50 mm | 13 mm |
3 | Honda Supra X 125 | 52.4 mm | 13 mm |
4 | Honda Supra XX | 50 mm | 13 mm |
5 | Honda Supra Fit | 50 mm | 13 mm |
6 | Honda Fit X | 50 mm | 13 mm |
7 | Honda Revo | 50 mm | 13 mm |
8 | Honda Absolute Revo | 50 mm | 13 mm |
9 | Honda Blade | 50 mm | 13 mm |
10 | Honda New Blade | 50 mm | 13 mm |
11 | Honda Kirana | 52.4 mm | 13 mm |
12 | Honda Kharisma | 52.4 mm | 13 mm |
13 | Honda CS1 | 58 mm | 13 mm |
14 | Honda Sonic | 58 mm | 13 mm |
15 | Honda Beat | 50 mm | 13 mm |
16 | Honda Vario 110 | 50 mm | 13 mm |
17 | Honda Vario 125 | 52.4 mm | 13 mm |
18 | Honda Spacy | 50 mm | 13 mm |
19 | Honda CB 125 | 56.5 mm | 13 mm |
20 | Honda PCX 150 | 58 mm | 13 mm |
21 | Honda CB 200 | 55.5 mm | 15 mm |
22 | Honda GL Max | 56.5 mm | 15 mm |
23 | Honda Tiger 2000 | 63.5 mm | 15 mm |
24 | Honda Astrea Impressa | 50 mm | 13 mm |
25 | Honda GL 100 | 52 mm | 15 mm |
26 | Honda CB 150R | 63.5 mm | 15 mm |
27 | Honda New Mega Pro | 57.3 mm | 15 mm |
28 | Honda CBR150R | 63.5 mm | 15 mm |
29 | Honda Astrea Grand | 50 mm | 13 mm |
30 | Honda Verza | 57.3 mm | 15 mm |
31 | Honda Mega Pro | 63.5 mm | 15 mm |
32 | Honda GL Pro | 61 mm | 15 mm |
33 | Honda Scoopy | 50 mm | 13 mm |
34 | Honda PCX 125 | 52.4 mm | 13 mm |
35 | Honda C50 | 39 mm | 13 mm |
36 | Honda C70 | 46 mm | 13 mm |
37 | Honda Astrea 800 | 47 mm | 13 mm |
38 | Honda Astrea Star | 47 mm | 13 mm |
39 | Honda Astrea Prima | 50 mm | 13 mm |
40 | Honda Legenda 2 | 50 mm | 13 mm |
41 | Honda CBR 250R 76 | 76 mm | - |
2. Diameter Ukuran Piston Motor Yamaha
No | Tipe Motor | Diameter Piston | Diameter Pen |
1 | Yamaha Crypton | 49 mm | 13 mm |
2 | Yamaha Vega | 49 mm | 13 mm |
3 | Yamaha New Vega R | 51 mm | 13 mm |
4 | Yamaha Vega RR | 50 mm | 13 mm |
5 | Yamaha Jupiter Z | 51 mm | 13 mm |
6 | Yamaha New Jupiter Z | 50 mm | 13 mm |
7 | Yamaha Jupiter MX | 54 mm | 14 mm |
8 | Yamaha Mio | 50 mm | 15 mm |
9 | Yamaha Mio J | 50 mm | 13 mm |
10 | Yamaha Mio GT | 50 mm | 15 mm |
11 | Yamaha Lexam | 50 mm | 15 mm |
12 | Yamaha Nouvo | 50 mm | 15 mm |
13 | Yamaha Fino | 50 mm | 15 mm |
14 | Yamaha X-Ride | 50 mm | 15 mm |
15 | Yamaha Xeon | 52.4 mm | 15 mm |
16 | Yamaha Mio Soul | 50 mm | 15 mm |
17 | Yamaha Vixion | 57 mm | 14 mm |
18 | Yamaha Scorpio | 70 mm | 16 mm |
19 | Yamaha Jupiter Z1 | 50 mm | - |
20 | Yamaha V80 | 47 mm | - |
21 | Yamaha Alfa | 50 mm | - |
22 | Yamaha F1ZR | 52 mm | - |
23 | Yamaha Vega ZR | 50 mm | - |
24 | Yamaha Jupiter | 49 mm | - |
25 | Yamaha Force | 50 mm | - |
26 | Yamaha Majesty 250 | 69 mm | - |
27 | Yamaha U5 | 40 mm | - |
28 | Yamaha YAS1 (Twin) | 43 mm | - |
29 | Yamaha RX King | 58 mm | - |
30 | Yamaha YT 115 | 54 mm | - |
31 | Yamaha Byson | 58 mm | - |
32 | Yamaha YZF R1 | 78 mm | - |
33 | Yamaha YZ 125 | 54 mm | - |
34 | Yamaha YZ 250F | 77 mm | - |
3. Diameter Ukuran Piston Motor Kawasaki
No | Tipe Motor | Diameter Piston | Diameter Pen |
1 | Kawasaki Blitz R | 53 mm | 13 mm |
2 | Kawasaki Kaze R | 53 mm | 13 mm |
3 | Kawasaki Blitz Joy | 56 mm | 13 mm |
4 | Kawasaki Edge | 53 mm | 13 mm |
5 | Kawasaki ZX130 | 53 mm | 13 mm |
6 | Kawasaki Athlete | 56 mm | 13 mm |
7 | Kawasaki KSR | 110 mm | 53 mm |
8 | Kawasaki Z250 | 62 mm | - |
9 | Kawasaki ZX-6R | 67 mm | - |
10 | Kawasaki ER-6n | 83 mm | - |
11 | Kawasaki Binter Merzy | 66 mm | - |
12 | Kawasaki KZ200 | 66 mm | - |
13 | Kawasaki Versys | 83 mm | - |
14 | Kawasaki KX 65 | 44 mm | - |
15 | Kawasaki KX 85 | 48.5 mm | - |
16 | Kawasaki KX 250F | 77 mm | - |
17 | Kawasaki Ninja 150 | 59 mm | 15 mm |
18 | Kawasaki Ninja 250 | 62 mm | - |
19 | Kawasaki Ninja 650 | 83 mm | - |
20 | Kawasaki KLX 150 | 58 mm | - |
21 | Kawasaki KLX 250 | 72 mm | - |
22 | Kawasaki D-Tracker 150 | 58 mm | 14 mm |
23 | Kawasaki D-Tracker 250 | 72 mm | 14 mm |
24 | Kawasaki D-Tracker X | 72 mm | 14 mm |
4. Diameter Ukuran Piston Motor Suzuki
No | Tipe Motor | Diameter Piston | Diameter Pen |
1 | Suzuki FR | 50 mm | 41 mm |
2 | Suzuki FR | 80 mm | 49 mm |
3 | Suzuki RC 80 | 47 mm | - |
4 | Suzuki RC 100 | 52.5 mm | - |
5 | Suzuki Crystal | 54 mm | - |
6 | Suzuki Tornado GS | 54 mm | - |
7 | Suzuki Satria 120 R | 56 mm | - |
8 | Suzuki Shogun 110 | 53.5 mm | 14 mm |
9 | Suzuki Shogun 125 | 53.5 mm | 14 mm |
10 | Suzuki Smash | 53.5 mm | 14 mm |
11 | Suzuki Titan | 51 mm | 14 mm |
12 | Suzuki Satria FU | 62 mm | 16 mm |
13 | Suzuki Arashi | 53.5 mm | 14 mm |
14 | Suzuki Nex | 51 mm | 14 mm |
15 | Suzuki Let�s | 51 mm | 14 mm |
16 | Suzuki Spin | 53.5 mm | 14 mm |
17 | Suzuki Skywave | 53.5 mm | 14 mm |
18 | Suzuki Skydrive | 53.5 mm | 14 mm |
19 | Suzuki Hayate | 53.5 mm | 14 mm |
20 | Suzuki Axelo | 53 mm | - |
21 | Suzuki Shooter | 51 mm | - |
22 | Suzuki Inazuma | 53.5 mm | - |
23 | Suzuki Thunder 125 | 57 mm | 14 mm |
24 | Suzuki Thunder 250 | 72 mm | - |
25 | Suzuki A100 | 50 mm | - |
26 | Suzuki TS 125 | 56 mm | - |
27 | Suzuki RGR 150 | 59 mm | - |
No comments:
Post a Comment