Komponen Kepala Silinder Motor 4 Tak Dan Fungsinya - Kepala silinder berfungsi untuk menutup lubang silinder yang berada pada blok silinder serta sebagai tempat dudukan busi. Dan kepala silinder ini bertumpu di atas / didepan blok silinder. Diantara titik tumpuan antara kepala silinder dan blok silinder harus disekat oleh gasket yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kebocoran kompresi.
3. Noken AS (Camshaft)
Noken as (camshaft) / poros bubungan berfungsi sebagai pengatur dan penggerak katup /klep.
6. Seal Klep
Seal klep berfungsi untuk menjaga agar oli tidak masuk ke dalam ruang bakar
Kepala silinder mendapat pembebanan tekanan dan temperatur tinggi no akibat dari hasil pembakaran bahan bakar di dalam silinder motor. Untuk menahan tekanan hasil pembakaran dan panas yang timbul, maka kepala silinder harus kuat, keras dan tahan panas.
Berikut Komponen Kepala Silinder (Cylinder Head) Motor 4 Tak Dan Fungsinya
1. Busi (Spark Plug)
Busi berfungsi untuk menghasilkan loncatan atau percikan bunga api yang diperlukan untuk proses pembakaran udara dan bahan bakar yang telah
tercampur.
tercampur.
Busi |
2. Bos Klep (Valve Guide)
Valve guide / bos klep berfungsi sebagai jalur bergeraknya batang klep. Jika bos klep sudah aus / longgar di bagian knalpot akan timbul asap putih tipis dan perbaikannya harus diganti dan pemasangannya di tukang bubut.
3. Noken AS (Camshaft)
Noken as (camshaft) / poros bubungan berfungsi sebagai pengatur dan penggerak katup /klep.
4. Sprocket Cam
Sproket cam atau biasa juga disebut gigi sentrik / gir timing noken as berfungsi untuk memutar camshaft (cam) atau noken as yang terdapat di kepala silinder.
Sproket cam atau biasa juga disebut gigi sentrik / gir timing noken as berfungsi untuk memutar camshaft (cam) atau noken as yang terdapat di kepala silinder.
5. Katup (Valve) / Klep
Katup / klep ini ada dua jenis, yaitu :
Katup / klep ini ada dua jenis, yaitu :
- Katup Hisap (Intake Valve), katup / klep yang berfungsi untuk menutup dan membuka saluran masuk atau biasa disebut Intake Manifold.
- Katup Buang (Exhaust Valve), katup / klep yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran buang atau yang biasa disebut Exhaust Manifold.
6. Seal Klep
Seal klep berfungsi untuk menjaga agar oli tidak masuk ke dalam ruang bakar
7. Ruang Bakar (Combution Chamber)
Ruang bakar (combution chamber) merupakan tempat terjadinya proses pembakaran.
Ruang bakar (combution chamber) merupakan tempat terjadinya proses pembakaran.
8. Valve Keepers
Valve keepers / pin pengunci klep / kuku macan komponen yang berfungsi untuk mengunci katup dan pegas katup.
Valve keepers / pin pengunci klep / kuku macan komponen yang berfungsi untuk mengunci katup dan pegas katup.
9. Rocker Arm
Rocker arm juga biasa disebut templar berfungsi sebagai penghubung antara noken as dengan klep sebagai pengatur naik turunnya (buka-tutup) klep.
Rocker arm juga biasa disebut templar berfungsi sebagai penghubung antara noken as dengan klep sebagai pengatur naik turunnya (buka-tutup) klep.
Rocker Arm |
10. Pegas Katup (Spring Valve)
Pegas klep berfungsi untuk menutup (mengembalikan klep ke posisi semula)
dan menahan klep pada saat posisi membuka.
Pegas klep berfungsi untuk menutup (mengembalikan klep ke posisi semula)
dan menahan klep pada saat posisi membuka.
Pegas Katup (Spring Valve) |
11. Intake Manifold
Intake manifold atau saluran masuk merupakan komponen yang berfungsi untuk menyalurkan campuran udara dan bahan bakar.
Intake manifold atau saluran masuk merupakan komponen yang berfungsi untuk menyalurkan campuran udara dan bahan bakar.
Intake Manifold |
No comments:
Post a Comment