Cara Menyetel Klep Motor Dengan Mudah & Benar - Sistem klep / katup hanya digunakan pada sepeda motor 4 tak. Sementara untuk sepeda motor 2 tak tidak menggunakan sistem klep. Pada motor 2 tak menggunakan Reed Valve, mekanisme kerjanya berbeda dengan klep / katup yang ada pada mesin 4 tak.
1. Lepas tutup lubang poros engkol (di bak mesin sebelah kiri) dan tutup lubang pemeriksaan tanda saat pengapian (di bak mesin sebelah kiri - atas) menggunakan obeng min (-).
9. Atur baut penyetelan celah klep dengan memutar kunci L kearah mengencangkan / mengendorkan, temukan kondisi saat feeler gauge ukuran 0,05 mm tersebut dimasukan menjadi sedikit sesak atau kesat.
11. Ukur kembali celah klep menggunakan feeler gauge, apabila saat celah klep diukur menggunakan feeler gauge terlalu longgar / terlalu kesat ulang kembali proses penyetelan.
Klep / katup pada motor 4 tak terdapat 2 macam yaitu, katup isap (intake valve) & katup buang (exhaust valve), agar lebih mudah diingat maka katup masuk disebut "Klep IN" & katup buang "Klep EX".
Penyetelan celah klep ini bertujuan agar campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar melalui klep IN dapat pas & sesuai.
Selain itu agar gas sisa hasil pembakaran dapat keluar melalui klep EX lancar sampai ke knalpot. Maka dari itu penyetelan dilakukan padan Klep IN & Klep EX
Cara Menyetel Klep / Katup Sepeda Motor
Alat Yang Di Gunakan Untuk Menyetel Klep Motor
- Feeler gauge
- Kunci ring 8 mm atau Kunci 10 mm untuk mesin motor GL series
- Obeng min (-)
- Kunci T 18 mm (sesuaikan ukurannya dengan baut pada AS magnet rotor)
- Kunci L stel klep motor.
Berikut Cara Menyetel Klep Motor
1. Lepas tutup lubang poros engkol (di bak mesin sebelah kiri) dan tutup lubang pemeriksaan tanda saat pengapian (di bak mesin sebelah kiri - atas) menggunakan obeng min (-).
2. Putar baut pully poros engkol / baut rotor magnet menggunakan kunci T 18 berlawanan arah jarum jam. Posisikan tanda "T" yang ada pada rotor magnet sampai dapat terlihat di lubang tanda saat pengapian (lihat gambar dibawah ini)
3. Buka tutup lubang penyetelan celah klep, cek apakah pelatuk (rocker arm) dapat digoyangkan.
4. Jika rocker arm belum dapat digoyangkan. Putar lagi poros engkol 360� (satu kali putaran) hingga tanda "T" di rotor magnet kembali terlihat dari lubang pemeriksaan saat pengapian.
5. Cek kembali rocker arm, jika sudah dapat digoyangkan maka mulai lakukan penyetelan klep.
6. Sebagai contoh spesifikasi ukuran celah klep IN & klep EX honda grand / supra series adalah 0.05 mm. Sebelum penyetelan dilakukan, ukur celah klep menggunakan feeler gauge ukuran 0,05 mm.
7. Jika celah klep terlalu sempit / terlalu lebar, kendorkan mur pengunci pada baut penyetel klep menggunakan kunci ring 8 mm.
8. Kendorkan baut penyetel / pengatur klep menggunakan kunci L stel klep motor.
10. Jika sudah menemukan kondisi yang sesuai, lepas feeler gauge. Kencangkan kembali mur pengunci klep menggunakan kunci ring 8 mm sambil menahan baut pengatur / penyetel klep menggunakan kunci L stel klep (agar baut penyetel klep tidak ikut berputar).
11. Ukur kembali celah klep menggunakan feeler gauge, apabila saat celah klep diukur menggunakan feeler gauge terlalu longgar / terlalu kesat ulang kembali proses penyetelan.
12. Jika ukuran celah klep sudah tepat. Pasang kembali tutup lubang penyetelan klep.
13. Setelah kedua klep selesai disetel tutup kembali tutup lubang pemeriksaan tanda pengapian dan tutup lubang poros engkol.
No comments:
Post a Comment