Akibat Bendik Motor Rusak Dan Cara Mengatasinya - Pada sistem starter elektrik sepeda motor terdapat komponen utama yaitu aki, bendik (relay) dan dinamo starter. Jika salah satu dari komponen tersebut trouble atau mungkin rusak, maka sistem starter elektrik tidak dapat berfungsi dengan normal.
Fungsi starter elektrik adalah untuk memudahkan pengendara saat akan menghidupkan mesin sepeda motor. Tetapi jika starter elektrik rusak maka menggunakan kick starter. Hal tersebut tentu akan mengurangi kepraktisan dalam menghidupkan motor.
Untuk melacak penyebab kerusakan yang terjadi pada komponen starter pun cukup sulit karena harus mengecek beberapa komponen - komponen yang pada sistem starter.
Ketika switch elektrik starter ditekan, pada kondisi yang normal umumnya beberapa lampu indikator yang ada di speedometer akan mengedip yang menandakan bahwa banyak sekali arus listrik yang dari Accu (aki) motor yang digunakan untuk menghidupkan mesin menggunakan starter elektrik.
Untuk bagian yang pertama yang harus dicek adalah Accu (aki, pastikan accu dalam kondisi normal, cara mengecek accu bisa menggunakan alat ampere meter atau multimeter, bila kuat arus atau besarnya ampere meter pada aki tersebut masih sesuai dengan yang tertulis di badanya maka aki tersebut masih dalam kondisi bagus.
Kedua cek dinamo starter, akan tetapi untuk dinamo starter jarang sekali mengalami kerusakan, rusaknya dinamo starter biasanya ditandai dengan munculnya suara kasar pada saat motor distarter dengan menggunakan starter elektrik.
Tetapi ketika semua komponen sistem starter telah dicek dan hasilnya tidak terjadi kerusakan, kemungkinan masalah yang terjadi pada bendik starter. Pastikan bendik ini tidak rusak. Karena bendik sering menerima beban arus lebih besar dari aki saat tombol starter ditekan.
Dan jamur yang bisa saja jamur material kabelnya yang berbahan kuningan. Kalau sudah seperti itu, dipastikan bendik starter tak bisa lagi berkerja normal. Untuk ciri dari bendik sepeda motor telah rusak adalah pada saat di tekan tombol starter elektrik biasanya tidak akan ada respon sedikitpun.
Fungsi starter elektrik adalah untuk memudahkan pengendara saat akan menghidupkan mesin sepeda motor. Tetapi jika starter elektrik rusak maka menggunakan kick starter. Hal tersebut tentu akan mengurangi kepraktisan dalam menghidupkan motor.
Untuk melacak penyebab kerusakan yang terjadi pada komponen starter pun cukup sulit karena harus mengecek beberapa komponen - komponen yang pada sistem starter.
Ketika switch elektrik starter ditekan, pada kondisi yang normal umumnya beberapa lampu indikator yang ada di speedometer akan mengedip yang menandakan bahwa banyak sekali arus listrik yang dari Accu (aki) motor yang digunakan untuk menghidupkan mesin menggunakan starter elektrik.
Untuk bagian yang pertama yang harus dicek adalah Accu (aki, pastikan accu dalam kondisi normal, cara mengecek accu bisa menggunakan alat ampere meter atau multimeter, bila kuat arus atau besarnya ampere meter pada aki tersebut masih sesuai dengan yang tertulis di badanya maka aki tersebut masih dalam kondisi bagus.
Kedua cek dinamo starter, akan tetapi untuk dinamo starter jarang sekali mengalami kerusakan, rusaknya dinamo starter biasanya ditandai dengan munculnya suara kasar pada saat motor distarter dengan menggunakan starter elektrik.
Tetapi ketika semua komponen sistem starter telah dicek dan hasilnya tidak terjadi kerusakan, kemungkinan masalah yang terjadi pada bendik starter. Pastikan bendik ini tidak rusak. Karena bendik sering menerima beban arus lebih besar dari aki saat tombol starter ditekan.
Dan jamur yang bisa saja jamur material kabelnya yang berbahan kuningan. Kalau sudah seperti itu, dipastikan bendik starter tak bisa lagi berkerja normal. Untuk ciri dari bendik sepeda motor telah rusak adalah pada saat di tekan tombol starter elektrik biasanya tidak akan ada respon sedikitpun.
Bendik / Relay |
Bendik (Relay) starter ini berfungsi untuk menghubungkan arus listrik dari aki ke dinamo starter. Bentuknya ada kabel dari aki dan satunya lagi ke dinamo starter di dekat mesin.
Untuk memastikan bendik masih normal atau tidak, bisa dengan menjumper langsung dengan cara menghubungkan tangkai obeng kedua terminal kabel bendik.
Jika mesin mau hidup, jelas bendiknya yang rusak. Untuk menghindari masalah di jalan seperti korsleting atau motor starter tidak dapat berhenti berputar, lebih baik komponen ini diganti. Pilih komponen yang orisinil agar usia pakainya lebih lama.
Untuk memastikan bendik masih normal atau tidak, bisa dengan menjumper langsung dengan cara menghubungkan tangkai obeng kedua terminal kabel bendik.
Jika mesin mau hidup, jelas bendiknya yang rusak. Untuk menghindari masalah di jalan seperti korsleting atau motor starter tidak dapat berhenti berputar, lebih baik komponen ini diganti. Pilih komponen yang orisinil agar usia pakainya lebih lama.
Cara Memperbaiki Bendik Motor
- 1. Lepas mur yang terdapat pada kedua bagian terminal bendik
- 2. Kemudian dengan menggunakan solder, kita lepas kabel-kabel yang terpasang di sekitar bagian tersebut.
- 3. Langkah selanjutnya yaitu kita membuka bagian bodi dari bendik kemudian lepaskan
- 4. Langkah selanjutnya adalah kita melakukan pengamplasan pada bagian kutub-kutub pertemuan yang ada di dalam bendik tersebut
- 5. Langkah terakhir renggangkan pegas yang ada di dalam bendik tersebut
- 6. Pasang kembali seluruh komponen yang ada di dalam bendik ke posisi semula
Tetapi keberhasilan dalam memperbaiki bendik sepeda motor yang rusak tersebut tergantung dari jenis kerusakan yang dialami oleh bendik tersebut.
Jika memang kerusakan sudah parah, akan memakan proses memperbaiki dengan langkah diatas kemungkinan besar tidak akan berhasil. Maka solusi terakhirnya ganti bendik tersebut dengan yang baru.
No comments:
Post a Comment