Tuesday, September 17, 2019

Perempuan Ini Diminta Buktikan Keperawanan oleh Tunangannya, Dokter Ungkap Fakta Sebenarnya




Seorang dokter wanita asal Malaysia bernama Amalina membagikan cerita yang dialami oleh salah seorang pasiennya.
Cerita tersebut diunggah Amalina melalui akun Twitter miliknya yang bernama @DrAmalinaBakri.
Thread Twitter yang diunggah Amalina pada 6 September 2019 lalu lantas viral.
Hingga artikel ini dimuat, cuitan itu telah diretweet hingga 32 ribu kali dan disukai 22 ribu kali.
Amalina membagikan pengalaman seorang pasien wanita yang ia layani.

Tunangannya tersebut meminta si pasien agar memberi bukti bahwa ia masih perawan sebelum mereka melanjutkan pernikahan.
Tak hanya sang tunangan, bahkan pihak keluarga calon mempelai pria juga meminta hal yang sama.
Karena bingung harus memberi bukti dalam bentuk apa, maka si pasien ini berkonsultasi pada Amalina.
Ia bertanya apakah ada tes medis khusus untuk membuktikkan bahwa dirinya masih perawan.

"Seorang gadis bertanya ke saya persoalan ini:
"Dokter, bagaimana saya bisa membuktikkan kepada tunangan dan keluarganya kalau saya masih perawan. Ada tidak medical check up yang bisa menjadi bukti? Sebab mereka memintanya."
First of all, I cannot believe that someone would ask such thing.

(Pertama-tama, aku tak bisa percaya ada orang yang meminta hal semacam ini)," tulis Amalina di Twitter.
Seorang gadis bertanya saya soalan ini: “Doktor, bagaimana saya nak buktikan kepada tunang dan family saya yang saya masih dara. Ada tak medical check-up untuk bagi bukti sebab diorang minta.”
First of all, I cannot believe that someone would ask such thing.

Meski demikian, Amalina lalu memberi pengetahuan umum tentang fakta dan mitos soal keperawanan, Ia mengunggah sebuah artikel kesehatan yang dibuat oleh seorang dokter bernama Prof Dr Imelda yang berjudul 'selaput dara'.

"And it was really sad that her fiancé and family would even ask for evidence!

Anyways, I’m not going to rant.

Here’s an article from Prof Dr Imelda about ‘selaput dara’.

Dan sangat menyedihkan bahwa tunangan dan keluarganya bahkan meminta bukti!

Bagaimanapun, aku tidak berhak protes.
Ini artikel dari Prof Dr Imelda tentang 'selaput dara'," lanjut Amalina.
Cuitan Amalina ini sontak mengundang beragam komentar dari netizen.

Bagaimana pendapatmu?

Monday, September 16, 2019

Mekanisme Penggerak Katup VTEC, i-VTEC Dan VVT-i

TipsSolusi.com - Mekanisme Penggerak Katup VTEC, i-VTEC Dan VVT-i - Pada dasarnya sistem pembakaran yang ada pada mobil merupakan hal yang kompleks. Untuk menghasilkan tenaga yang maksimal pada RPM rendah dibutuhkan setting yang berbeda untuk menghasilkan tenaga yang maksimal pada RPM tinggi. Hal ini dikarenakan sifat-sifat dari campuran udara dan bahan bakar pada waktu pembakaran. Seberapa besar katup harus dibuka, berapa lama katup harus dibuka dan kapan katup harus dibuka semuanya.

Setting-an RPM rendah akan mengakibatkan kinerja mesin saat berada di RPM tinggi terganggu dan tenaga yang dihasilkan menjadi berkurang. Begitu juga sebaliknya jika setting-an RPM tinggi maka akan mengakibatkan kinerja mesin kurang baik saat mesin berada di RPM rendah dan mesin mengelitik.

Honda dalam pengembangan teknologi mesin otomotif di kawasan Asia bahkan global, terbilang unggul. Teknologi CVCC (compound-vortex controlled combustion), yakni teknologi irit bensin yang diterapkan pada Honda Civic di awal 1970-an, membuat Honda Motor Co melambung.

Pelajaran dari CVCC membawa pabrik mobil tersebut melahirkan variable valve timing and lift electronic control (VTEC) yang pertama kali digunakan tahun 1990 pada Acura NSX, sport car pertama buatan Honda.

1. VTEC
VTEC kepanjangannya adalah Variable Valve Timing and Lift Electornic Control, ditemukan oleh insinyur Honda Ikuo Kajitani yang pertama kali digunakan pada sepeda motor Honda model CBR400 tahun 1983, teknologi pada mesin tersebut dimana katup masuk terbuka semuanya pada putaran mesin 8500 rpm. 

Karakter tersebut hampir mirip dengan teknologi VTEC pada mobil yang cenderung bekerja pada putaran mesin menengah ke atas. VTEC bertujuan untuk meningkatkan efesiensi masuknya campuran bahan bakar dan udara ke ruang bakar pada mesin 4 langkah sehingga kemampuan mesin meningkat disetiap bagian putaran mesin, mengurangi kebisingan, menghemat bahan bakar dan mengurangi polusi.
Mesin honda dengan teknologi VTEC VTEC,
kapasitas mesin 1,5 liter VTEC 4 silinder 16 katup,
daya maksimum 110 PS pada putaran 5.800 rpm
 dan 14,6 kgm pada torsi 4.800 rpm.

Teknologi ini mampu menghasilkan performa tinggi yang dibutuhkan sport car, namun tetap hemat bahan bakar. Teknologi VTEC ini lalu menjadi terobosan teknologi ramah lingkungan Honda Motor Co. VTEC kemudian diterapkan pada roadster Honda S2000 dan model-model lain.

VTEC merupakan sistem pengkatupan yang sangat fleksibel dimana katup akan terbuka dengan tepat, dengan besar yang tepat, dan untuk jangka waktu yang tepat pada putaran mesin apapun. VTEC adalah sistem pengkatupan yang dikembangkan oleh Honda untuk meningkatkan efisiensi pembakaran internal 4-stroke.

Yang dimaksudkan dengan pembakaran internal 4-stroke adalah pembakaran internal yang dihasilkan oleh gerakan piston dari 0 sampai 180 derajat. Sistem pengkatupan ini pertama kali diciptakan oleh seorang insinyur Honda yang bernama Ikuo Kajitan dan kemudian dikembangkan oleh produsen-produsen mobil lainnya seperti Toyota misalnya dengan apa yang kita kenal sekarang VVT-i.

2. DOHC VTEC
Sistem mesin VTEC pertama kali diterapkan dengan menggunakan sistem DOHC (Double Over Head Camshaft). Sistem DOHC mengunakan dua buah "cam lobe" pada setiap katup dimana yang satu dioptimalkan untuk stabilitas pada putaran mesin rendah dan efisiensi bahan bakar sedangkan yang satu lagi dioptimalkan untuk menghasilkan tenaga yang maksimal pada putaran mesin tinggi.

Mesin DOHC VTEC

Peralihan diantara dua buah cam lobe tersebut ditentukan oleh tekanan yang dihasilkan oleh oli mesin, temperatur mesin, kecepatan kendaraan, dan kecepatan mesin. Ketika  putaran  mesin  bertambah  cepat, tekanan oli akan menekan sebuah pin yang akan mengunci cam putaran mesin tinggi sehingga cam kedua tersebutlah yang akan bekerja.

3. SOHC VTEC
Dikarenakan popularitas dan nilai pasar yang berkembang pesat terhadap sistem VTEC, Honda selanjutnya mengaplikasikan sistem VTEC pada mesin SOHC (Single Over Head Camshaft). Sistem SOHC ini hanya memiliki satu "cam shaft ". Camshaft ini dipergunakan baik dalam katup masuk (intake valves) maupun katup buang (exhaust valves). 

Kelemahannya  adalah  bahwa  pada  sistem  seperti  ini, keuntungan  dari mekanisme VTEC hanya akan didapat pada intake valves. Hal ini disebabkan karena pada mesin SOHC, busi-busi (spark plugs) harus ditempatkan pada sudut yang bebas, sedangkan pada mesin SOHC, busi terletak diantara dua exhaust valves, sehingga mekanisme VTEC pada proses exhaust tidakmungkin dilakukan.

4. SOHC VTEC-E
VTEC-E merupakan pengembangan dari mekanisme VTEC sebelumnya. Agak berbeda, bukan efisiensi pada putaran mesin tinggi  yang ingin dihasilkan melainkan meningkatkan efisiensi pada putaran mesin rendah. Pada putaran mesin rendah, satu dari dua buah katup penerimaan terbuka sedikit sekali sehingga atomisasi dari bahan bakar dan udara di dalam silinder meningkat. Hal tersebut menghasilkan suatu campuran bahan bakar yang lebih sempurna. Ketika putaran mesin meningkat, kedua katup diperlukan untuk menyuplai campuran bahan bakar yang cukup.

5. 3-Stage VTEC
Sistem ini mengaplikasikan SOHC VTEC dan SOHC VTEC-E. Pada kecepatan rendah, hanya satu katup  penerimaan digunakan.  Pada kecepatan sedang, dua katup digunakan. Sedangkan pada kecepatan tinggi, mesin langsung  beralih  menggunakan mekanisme mesin VTEC standar.

6. i-VTEC
Honda menyempurnakan VTEC dengan menggabungkan VTC (variable timing control), jadilah apa yang disebut i-VTEC (intelligent-variable valve timing & lift electronic control). Keunggulan teknologi ini, meningkatkan daya pada kecepatan rendah, menengah dan  tinggi.  Sekaligus  meningkatkan  efisiensi  bahan  bakar  dan mengurangi emisi gas buang. 
Bagaimana cara kerja i-VTEC?
Pasokan bensin ke ruang bakar dilakukan lewat  katup  masuk  yang dikontrol camshaft. Ketika camshaft berputar  pada  porosnya, tonjolan/nok ini ikut berputar dan memukul rocker arm yang mendorong batang katup sehingga katup terbuka. 

Ketika tonjolan sudah lewat, katup tertutup lagi. Honda membuat dua tonjolan cam pada tiap silinder. Tonjolan pertama disebut cam primer dan yang lebih kecil disebut cam sekunder. Pada  putaran rendah atau idle / langsam, kedua katup bergerak sendiri-sendiri. Karena cam sekunder lebih kecil maka bukaan katupnya juga kecil.

Maka pasokan bahan bakarnya pun sedikit, sesuai kebutuhan saat itu. Keunikan teknologi ini terlihat pada putaran mesin 2200-2500 rpm. Sebuah piston pada rocker arm primer mengunci rocker arm sekunder.  Gerakan piston ini didorong oleh tekanan oli. Hasilnya, kedua katup bergerak bersama yang dikontrol cam primer.

Sementara VTC juga bekerja pada cam masuk. Tugasnya menggeser fasa cam maju/mundur maksimal 50 derajad. Akibatnya, bukaan katup masuk, overlap dengan katup buang. Hasilnya, sebagian gas buang yang seharusnya terdorong keluar seluruhnya, terhisap masuk kembali dan dibakar. Inilah yang membuat mesin lebih efisien dan ramah lingkungan. 
Bagaimana VTC bekerja?
Pergeseran cam dilakukan oleh VTC Actuator yang bekerja sesuai dengan aliran oli yang dikontrol VTC OCV (oil control valve). Oli ini bergerak dari pompa oli. Jika mesin sudah dijalankan, tekanan oli yang dihasilkan pompa oli akan meningkat hingga mencapai level tertentu yang membuat pin lock membuka dan actuator bekerja. Pergeseran maju mundur dikontrol VTC OCV.

Otak dari kerja VTC adalah ECM / PCM atau  lebih  dikenal sebagai ECU (electronic control unit). Unit ini mengkalkulasi data dari sensor-sensor untuk menentukan apakah OCV harus mengeluarkan perintah mundur atau maju pada actuator. Bila terjadi trouble, misalnya oli tidak bekerja sempurna, CVT tidak akan bekerja, tapi VTEC tetap berfungsi. Teknologi mesin i-VTEC bisa disaksikan pada Honda New CRV dan Honda New Accord.
Mesin dengan menggunakan teknologi i-VTEC 

i-VTEC memperkenalkan fase camshaftyang dapat terus berubah-ubah pada " intake cam" dari mesin DOHC VTEC. Teknologi ini pertama kali diterapkan pada Honda K-series yang menggunakan mesin 4 silinder pada tahun 2001. Pembukaan katup dan durasinya masih terbatas pada profil putaran mesin rendah atau profil putaran mesin tinggi saja.

Perubahan fase camshaft dijalankan oleh gigi-gigi penggerak yang fleksibel yang digerakkan oleh oli dan dikontrol oleh komputer. Fase ditentukan oleh kombinasi dari beban  mesin  dan  RPM.  Efek  dari  hal  tersebut  adalah optimalisasi  dari  torsi  yang dihasilkan, terutama pada RPM rendah hingga sedang. i-VTEC itu sendiri dibuat menjadi 2 kategori. 

i-VTEC yang pertama adalah i- VTEC yang didesain untuk mobil performa tinggi seperti RSX Type S atau TSX. Untuk mobil yang diproduksi untuk digunakan sehari-harinya, mesin i-VTEC performa tinggi dapat ditemukan pada CR-V atau Accord. i-VTEC performa tinggi ini memiliki dasar pengembangan dari DOHC VTEC. 

i-VTEC kategori kedua adalah yang mengutamakan efisiensi. Perbedaan dari kedua jenis i-VTEC itu sendiri dapat ditentukan dari tenaga yang dihasilkannya. i-VTEC yang diciptakan untuk mobil performa akan menghasilkan lebih dari 200 Horse Power sebelum mendapat modifikasi apapun sedangkan yang lainnya tidak akan menghasilkan lebih dari 160 HP. 

Pada tahun 2004, Honda memperkenalkan i-VTEC V6. Pada mesin V6 ini tidak ada  pengaturan  fase cam, melainkan adanya teknologi menonaktifkan silinder. Pada  kecepatan rendah (dibawah 120km/jam) katup-katup pada satu silinder akan menutup.

7. Advanced VTEC
Pada 25 September 2006 Honda mengumumkan peluncuran mesin Advance VTEC  yang  akan  mulai  diproduksi  mulai  dari  3  tahun  ke  depan.  Mesin  baru  ini menggabungkan  teknologi pembukaan katup yang terus berubah-ubah secara terus-menerus dan pengaturan timing dari perubahan fase yang terus-menerus. Sistem baru ini akan menghasilkan kontrol yang optimal pada pembukaan katup penerimaan dan fase 10 untuk berbagai  kondisi  mengemudi  serta  meningkatkan torsi  yang  dihasilkan  pada kecepatan mesin apa saja.

Dibandingkan dengan mesin 2.4 Li-VTEC ( CR-V dan Accord,  pengembangan ini diklaim aka  meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 13%. honda juga mengk laim bahwa emisi yang dihasilkan oleh mesin ini telah memenuhi standar yang lebih tinggi, emisi yang dihasilkan lebih rendah 75% dari ketentuan batas emisi yang diijinkan pada tahun 2005.

8. Teknologi VVT-i Toyota
Bila pada Honda dikenal dengan teknologi VTEC-nya maka untuk Toyota dikenal dengan teknologi VVT-i. Dengan dilatarbelakangi oleh semakin tingginya tingkat permintaan para pengguna kendaraan agar memiliki mobil dengan mesin yang kuat dan bertenaga namun tetap irit bahan bakar dan ramah lingkungan telah menjadi memicu timbulnya teknologi baru yang dikenal dengan nama Variable Valve Timing-Intelligent atau lebih dikenal dengan sebutan VVT-i. Toyota mulai mempopulerkan mesin Variable Valve Timing with Intelligence (VVT-i) sejak tahun 2004. Teknologi ini merupakan pengembangan mesin variable valve timing (VVT), yang sudah digunakan sejak 1991. Perkembangan dari mekanisme katup tipe DOHC dapat dilihat pada teknologi ini. 

VVT-i Toyota

VVT-i merupakan teknologi yang mangatur sistem kerja katup pemasukan bahan bakar secara elektronik, baik dalam hal waktu maupun ukuran buka tutup katup sesuai dengan besar putaran mesin sehingga menghasilkan tenaga yang optimal, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan dan mesin.

VVT-i merupakan salah satu aplikasi teknologi informasi pada industri otomotif khususnya dalam hal penyempurnaan performa mesin.VVT-i  adalah  teknologi pengaturan katup pembakaran yang didasarkan pada putaran mesin dan posisi pedal gas. Ketika pengemudi memerlukan tenaga lebih besar, maka mekanisme katup akan diatur sedemikian rupa sehingga torsi mesin dapat meningkat.

Sebaliknya, ketika hanya dibutuhkan sedikit tenaga mesin, maka mekanisme katup akan diatur sedemikian rupa sehingga bahan bakar yang dipergunakan lebih sedikit dan tentunya gas buang yang dihasilkan lebih bersih. Perbedaan mendasar yang dimiliki oleh sistem VVT-i adalah perputaran intake cam tidak perlu sama persis dengan perputaran mesin.

Pada mobil tanpa sistem VVT-i, intake cam hanya mempunyai satu pola bukaan katup sehingga membuat mesin tidak dapat memaksimalkan tenaga mesin pada saat tenaga besar dibutuhkan dan tidak dapat meminimalkan bahan bakar yang dipergunakan ketika tenaga yang dibutuhkan tidak besar.

Berdasarkan penjelasan singkat diatas, dapat disimpulkan bahwa teknologi VVT- i  sangat  membantu  pengemudi  memperoleh  kinerja  optimum  dari  mesin  sekaligus menjaganya tetap irit bahan bakar dan lebih ramah lingkungan. Berikut ini adalah rangkuman dari kinerja sistem VVT-i :

Pembakaran yang stabil dapat diperoleh bahkan pada putaran mesin yang rendah. Dengan  putaran  mesin  yang  rendah  saat  stasioner (idle) maka efisiensi bahan bakarnya menjadi lebih baik.
Kerugian tenaga mesin dapat dikurangi sehingga efisiensi bahan bakarnya meningkat. Selain itu, hasil gas buangnya pun lebih ramah lingkungan.
Kemampuan  mesin  dapat  dioptimalkan  sehingga  tenaga  yang  dihasilkan  dapat maksimal.

9. Dual VVT-i
Penerapan sistem VVT-i pada kendaraan menyebabkan waktu bukaan katup (valve timing) bisa disesuaikan kebutuhan mesin. Sistem VVT-i awalnya diaplikasikan pada katup masuk (intake) saja. Seiring perkembangan, katup buang (exhaust) pun juga ikut dikontrol sehingga lahirlah sistem dual VVT-i.
Dual VVT-i

Katup intake dan exhaust yang diatur membuat pengontrolan udara masuk, maupun gas buang pada segala kondisi kerja mesin jauh lebih baik. Misalnya pada saat start, sistem dual VVT-i akan mengatur katup agar mesin segera mendapatkan suhu ideal. Keuntungannya sistem dual VVT-I yaitu tenaga mesin meningkat di setiap putaran dan gas buang mesin menjadi ramah lingkungan.

10. Valvematic

Valvematic merupakan pengembangan dari teknologi VVT-i, berupa sistem continues valve lift control yang bekerja sama dengan sistem valve timing control milik VVT-I. Continues valve lift control merupakan komponen pada valvematic yang terus mengatur lebar jarak terbukanya katup sesuai kondisi mesin menyebabkan lebar jarak terbukanya katup dapat berubah - ubah sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien yang pada umumnya sistem pemgatur timing katup intake, lebar jarak terbukanya katup tidak bisa diubah. 

Valvematic

Sistem ini merupakan kerja sama perpaduan antara VVT-i yang berupa waktu buka tutup katup intake yang dapat divariasikan dan lebar jarak terbukanya katup yang dapat divariasikan oleh continous valve lift control sehingga pengaturan pembukaan katup masuk dan buang akan lebih presisi. 

Pembukaan atau lebar jarak buka katup maksimum valvematic ini lebih besar dibandingkan katup biasa. Dengan cara kerja tersebut pengaturan suplai bahan bakar sesuai kebutuhan mesin oleh valvematic akan lebih presisi karena lebar jarak terbukanya katup intake juga dapat divariaskan. Sebagai contoh saat pedal gas diinjak secara mendadak pun, penyesuaian antara suplai bahan bakar dan lebar jarak terbukanya katup tetap optimal.

Sunday, September 15, 2019

(Tanpa Factory Reset) Berhasil Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Melakukan Panggilan, Ikuti 8 Cara Ini !


Panggilan Whatsapp Bermasalah - Whatsapp merupakan aplikasi yang banyak digunakan oleh pengguna iOS ataupun Android sekarang ini.

Peranan telepon (pulsa reguler) dan juga sms kini sudah mulai digantikan chat maupun panggilan whatsapp via panggilan suara / video call.

Meskipun demikian, terkadang aplikasi whatsapp juga tidak semulus yang kita inginkan. Whatsapp yang tidak bisa melakukan

Saturday, September 14, 2019

Cara Mengetahui Aplikasi Yang Sudah Pernah Di Install Di Android

Cara Mengetahui Aplikasi Apa Saja Yang Sudah Pernah Di Install Di Android - Sudah berapa banyak kah aplikasi yang pernah Anda install melalui google playstore? Jika memang sudah banyak sekali, ataupun itu karena sering menginstall aplikasi untuk kebutuhan kegiatan kalian, pastinya hal itu juga disusul nantinya dengan tindakan menghapusnya kembali atau melalukan uninstall pada aplikasi tersebut.

Android memang memudahkan kita para penggunanya untuk mendownload/menginstall beragam jenis aplikasi di google playstore. Dan kita tahu sendiri lah, bahwasannya memang semakin hari aplikasi terus bertambah banyak dan hampir apa saja aplikasi yang kita cari itu ada di google playstore. Hal itu tentu tidak terlepas dari para developer aplikasi android yang terus membuat aplikasi yang begitu beragam yang dapat membuat ponsel android memiliki fungsi yang lebih dari sekedar untuk komunikasi saja.

Cara Mengetahui Aplikasi Yang Sudah Pernah Di Install Di Android

Dengan banyaknya aplikasi yang dapat dengan mudah kita dapatkan atau kita install di hp android kita, hal ini juga akan membuat kita para pengguna untuk berganti-ganti aplikasi android sesuai dengan keinginan kita. Dan bahkan tak jarang pula dalam penggunaan aplikasinya kita hanya untuk sekedar mencoba dari aplikasi tersebut. Dan jika dirasa aplikasinya kurang cocok maka tinggal melakukan uninstall pada aplikasi tersebut.

Dari itu semua, terkadang ada saatnya, dimana kita berfikir untuk mengetahui apa saja aplikasi android yang sudah pernah kita install/uninstall di hp android? atau jika kalian membeli hp bekas dan masih nyangkut gmail dari pemilik hp android sebelumnya maka pastinya juga ingin tahu bukan tentang aplikasi apa yang pernah digunakan olehnya. Nah ternyata untuk cara melihat aplikasi yang pernah di install di hp android, caranya cukup lah mudah. Tinggal melihatnya pada histori dari aplikasi playstore.

Baca Juga :
Sehingga bilamana kalian pernah lupa tentang aplikasi yang pernah kalian install sebelumnya dan berniat ingin menggunakan kembali aplikasi tersebut, maka selama kalian menggunakan email yang sama (tidak berganti ganti email) maka kalian bisa melihat semua daftar history aplikasi yang pernah di install sebelumnya. Dan untuk selanjutnya kalian tinggal mengisntallnya kembali. Bagaimana cukup menarik bukan? Dan silahkan untuk cara melihat history aplikasi yang pernah di install pada android kalian bisa simak baik-baik langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Melihat Aplikasi Apa Saja Yang Pernah di install Pada Android :

  • Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengecek aplikasi apa saja yang pernah di download/di install pada hp android adalah dengan membuka aplikasi google playstore.
  • Selanjutnya masuk ke bagian setting dengan mengeklik 3 garis pada pojok kiri atas aplikasi playstore (pada menu beranda).
  • Setelah itu lanjutkan dengan memilih aplikasi dan game saya.
Cara Mengetahui Aplikasi Yang Sudah Pernah Di Install Di Android

  • Kemudian kalian pilih pada koleksi. Nah, diisinilah kalian akan menemukan histori/riwayat aplikasi yang pernah kalian install sejak mulai pertama kali menggunakan ponsel android hingga sekarang.

Cara Mengetahui Aplikasi Yang Sudah Pernah Di Install Di Android

    Bagaimana caranya? cukup mudah bukan untuk mengetahui apa saja sih aplikasi android yang pernah kita install. Dan jika telah mengetahuinya, apabila ingin menginstallnya kembali tinggal pilih saja aplikasi yang di inginkan dan kemudian download ulang untuk mencoba menginstallnya kembali.

    Oke, mungkin sekian artikel pada kali ini tentang cara melihat aplikasi yang pernah di install di android. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan buat kalian semua. Terimakasih dan sampai jumpa kembali di postingan artikel menarik yang akan datang.

    Thursday, September 12, 2019

    Sabtu yang Padat di Pantai Ancol

    Masih dalam rangka libur Lebaran, setelah kami melakukan staycation di Borobudur, kami pun masih memiliki hari liburan yang harus diisi dan anak-anak serta oma opa yang harus di-entertained. Setelah keluar masuk mall, maka kami pun memilih untuk mengisi hari terakhir libur Lebaran ke pantai. Kebetulan oma sering mendengar cerita temannya kalau di Ancol ada bagian yang pantainya keren dan bisa untuk jalan-jalan.

    Di Ancol terdapat dua area pantai, yaitu Pantai Barat dan Pantai Timur. Pantai Barat terletak dekat dengan pintu gerbang utama. Yang termasuk area Pantai Barat adalah Pasar Seni, Gondola, Dufan, dan Pantai Festival. Sedangkan yang termasuk dengan Pantai Timur adalah Bandar Djakarta, Pantai Lagoon, Pantai Karnaval, dan McDonalds. Dengan kata lain, area Pantai Timur adalah area yang lebih baru dibanding Pantai Barat. Pantainya pun terlihat lebih bersih dan lebih keren. Di situ biasanya suka diadakan pertunjukan musik.
    Pantai Festival. Sumber foto: panduan wisata Jakarta.
    Berhubung hari itu adalah hari terakhir liburan, maka kami pun merencanakan untuk jalan pagi-pagi. Agendanya adalah berjalan santai dan bermain pasir di area Pantai Timur. Setelah itu sarapan di McDonald’s dan sebelum panas kami sudah kembali ke rumah. Ideal sekali bukan rencana kami?

    Di Sabtu pagi, kami pun naik mobil menuju Ancol. Kami masuk dari pintu gerbang utama, yang selalu kami lewati saat kami masuk ke Ancol. Walaupun pagi, nampaknya pengunjung begitu banyak. Tujuan kami sudah jelas, yaitu menuju Pantai Lagoon. Namun kami cukup terkejut karena jalanan menuju Pantai Timur ditutup.
    Pintu gerbang utama. Sumber foto: detik
    Kami pun memutuskan untuk bermain di pantai terdekat, yaitu Pantai Festival. Saat kami tiba, pantai sudah dipenuhi oleh keluarga-keluarga yang sedang berlibur. Kami pun berjalan-jalan menuju dermaga. Kalau sore, dermaga ini digunakan sebagai tempat prewedding oleh salah satu teman kami. Namun saat pagi, dermaga ini penuh dengan pengunjung yang mau mancing ikan.
    Si kucing yang sibuk mau mengambil ikan hasil pancingan dari ember.
    Duo Lynns pun sibuk bertanya kapan mereka dapat main pasir. Akhirnya kami pun menuju pantai berpasir. Oleh pihak Ancol diberikan pembatas untuk anak-anak bermain pasir, mungkin supaya aman. Ditemani papa, Duo Lynns asyik mengumpulkan kerang. 
    Main pasir yang apik.
    Setelah bermain pasir, kami mencari toilet untuk membasuh kaki. Karena hari libur, maka di area ini disediakan toilet tambahan. Jadi pengunjung tidak usah takut kebelet ke toilet. Tetapi antriannya lumayan panjang. Memang Ancol luar biasa ramai saat liburan.

    Tujuan kami selanjutnya adalah Pantai Lagoon dan sarapan di McDonalds. Kami pun bertanya kepada petugas bagaimana cara menuju Pantai Lagoon. Petugas menjawab karena Lebaran, maka jalan menuju Pantai Timur dari Pantai Barat ditutup. Supaya tidak tambah macet. Namun pengunjung tetap dapat pergi ke Pantai Timur. Ada dua pilihan yang diberikan. Yang pertama, kami harus keluar dulu dari Ancol dan masuk melalui pintu gerbang yang satunya. Yang berarti keluar uang lagi untuk tiket masuk. Atau yang kedua, kami parkir dan menaiki bus Wara Wiri yang dapat mengantar kami menuju Pantai Lagoon. Kami pun memilih menaiki bus Wara-Wiri. Namun setelah lama menunggu, kami tidak melihat satupun bus yang datang ke tempat perhentian terdekat.

    Setelah mencoba menunggu dengan setia, akhirnya oma pun menyerah untuk tidak jalan-jalan ke Pantai Lagoon yang kata teman oma keren. Pesan moral dari liburan kami kali ini: memang lebih enak ke Ancol saat sedang tidak liburan. Kita bebas berjalan-jalan. Tetapi walaupun riweuh, anak-anak tetap menikmati bermain pasir. 

    Sekilas Info
    Taman Impian Ancol
    Website: www.ancol.com
    HTM Gerbang Ancol:
    Individu : Rp 25.000,00
    Mobil: Rp 25.000,00
    Motor: Rp 15.000,00

    Monday, September 9, 2019

    (UPDATE) Cara Mengatasi Nada Notifikasi Yang Hilang Di Hp Android




    Notifikasi HP Tidak Bunyi - Bagaimana cara mengatasi nada dering hp android yang hilang ketika ada notifikasi masuk ? Tentu masalah seperti notifikasi masuk tapi tidak ada suara tersebut sudah sering dialami para pengguna ponsel android.



    Dan tidak jarang yang tidak mengetahui adanya pesan baru ataupun panggilan telepon masuk tersebut karena hp android tiba - tiba tidak ada suara.



    Lantas

    Wednesday, September 4, 2019

    Cara Backup Aplikasi Android Yang Sudah Terinstall Dengan Clean Master

    Cara Backup Aplikasi Android Yang Sudah Terinstall Dengan Clean Master - Buat para pengguna smartphone android yang selalu mengistall aplikasi di hp android terutama jika melalui google playstore, maka pastinya file APK atau file mentahannya tidak akan tersimpan otomatis pada penyimpanan hp android. Hal tersebut sangat disayangkan apabila kita hendak ingin melakukan uninstall pada aplikasi tersebut. Karena jika sudah lakukan uninstall atau hapus aplikasi, maka jika suatu saat kita butuh kembali kita tak bisa mengambil file apk nya dan salah satu caranya kita harus mendownloadnya kembali di dalam aplikasi playstore.

    Cara Backup Aplikasi Android Yang Sudah Terinstall Dengan Clean Master

    Oleh karenanya, salah satu cara yang bisa kita lakukan ketika kita menginginkan untuk mengistall kembali aplikasinya yaitu kita harus membackup terlebih dahulu aplikasi android kita menjadi sebuah file mentah dengan format APK. Karena membackup adalah suatu cara untuk mengantisipasi agar file atau aplikasi kita tidak hilang saat di install ulang. Nah saat ini untuk membackup aplikasi menjadi sebuah file apk ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan. Namun ditutorial kali ini kita akan melakukan backup aplikasi yang sudah terinstall di android dengan menggunakan aplikasi Clean Master.
    Dengan menggunakan aplikasi clean master, disamping kita bisa membackup aplikasi android, kita juga akan mendapatkan manfaat lain dari aplikasi tersebut yakni antara lain bisa digunakan untuk membersihkan sampah di penyimpanan android, membebaskan RAM, membersihkan cache, membersihkan virus, dan lain sebagainya guna untuk meningkatkan kinerja atau performa dari hp android. Nah untuk tahap backup aplikasi menjadi file APK menggunakan clean master kalian bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

    Cara Backup Aplikasi Yang Sudah Terinstall di HP Android Dengan Clean Master :

    • Pertama-tama yang harus dilakukan jika memang belum punya aplikasi CM (clean master) maka download dan install terlebih dahulu aplikasinya, dan jikalau memang sudah terpasang di perangkat android kalian.
    • Selanjutnya langsung saja untuk membuka aplikasi Clean master untuk memulai melakukan backup file aplikasi dengan pilih pada menu Alat (Tools) dan Kemudian kalian pilih/tap menupengelola aplikasi.
        Cara Backup Aplikasi Android Yang Sudah Terinstall Dengan Clean Master
        • Nah, setelah itu silahkan kalian pilih aplikasi yang ingin kalian backup. Sebagai contohnya saya akan melakukan backup ke aplikasi inshot supaya bisa mendapatkan file mentahannya.
        • Cara membackup-nya adalah dengan mengeklik aplikasi inshot dan kemudian akan muncul menu buat cadangan paket penginstallan. Nah, disitu kalian tinggal klik saja.

        Cara Backup Aplikasi Android Yang Sudah Terinstall Dengan Clean Master

        • Setelah proses backup aplikasi selesai, maka file backup apk tersebut akan tersimpan pada memory penyimpanan internal kalian. Dan biasanya akan tersimpan pada folder Clean master-backup.

        Cara Backup Aplikasi Android Yang Sudah Terinstall Dengan Clean Master

        • Untuk mengamankan file backup tersebut kalian bisa memindahkan file apk tersebut ke dalam memory eksternal seperti pada penyimpanan pada kartu SD.


        Oke, itulah cara backup aplikasi android yang sudah terinstall menggunakan aplikasi Clean Master. Silahkan lakukan tutorial ini jika dirasa dapat bermanfaat bagi kalian. Terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di postingan menarik lainnya yang akan datang.