Monday, April 19, 2021

Bagaimana Mode Operasi Pada AKI atau ECU (Electronic Control Unit)

 TipsSolusi.com - Mode Operasi Pada ECU (Elektronic Control Unit) - Ecu merupaka sistem pengontrol yang terdapat pada mobil EFI berisi rangkaian elektronika dan software.


    Berikut Mode - Mode Operasi Pada ECU (Elektronic Control Unit) :

    1. Mode Start
    a. Ketika kunci kontak pertama kali ke posisi ON :

    ECU mensuplai tegangan 12 volt ke relai pompa bensin selama 2 detik dengan cara memassakan arus pengendali relay. Akibatnya pompa bensin dapat membangun tekanan dalam sistem bahan bakar.

    Jika mesin tidak perputar, tidak akan ada pembangkitan tegangan referensi oleh ECU. Rangkaian pengendali relai pompa bensin tidak dimassakan untuk mematikan / off- kan pompa.

    b. Sebelum mesin berputar saat kunci kontak ON, ECU menerima sinyal untuk pembacaan-pembacaan data seperti :
    • Temperatur air pendingin
    • Temperatur udara masuk
    • Tekanan atmosfer (MAP/BARO) atau massa udara dari MAF Sensor dan posisi katup gas untuk menentukan perbandingan campuran udara bensin yang pertama.  

    c. Selama mesin berputar waktu start :

    ECU mengirim pulsa ke injektor berdasarkan pulsa referensi rpm. Jika temperatur air pendingin rendah, lebar pulsa injektor diperpanjang dan terjadilah pengayaan perbandingan campuran udara-bensin.

    Jika temparatur air pendingin naik, lebar pulsa menjadi lebih pendek dan perbandingan campuran udara-bensin menjadi lebih kurus. Pada waktu start perbandingan udara-bensin ditentukan oleh ECU berkisar dari 1.5:1 pada 36 derajat C (-38F) sampai 14.7:1 pada 94 derajat C (202F)

    Catatan :
    • Mode start normal injektor menyemprotkan bensin mengikuti prosedur di atas selama katup gas menutup penuh.
    • Jika trotel dibuka, biarpun kecil, perbandingan campuran udara-bensin akan berubah.

    2. Mode Pembersih Saat Banjir Bensin 
    Jika mesin banjir bensin, pengemudi dapat menekan pedal gas sebesar 80% atau lebih besar untuk mengaktifkan Mode Pembersih Saat Banjir, agar lebih mudah meyakinkan bahwa katup gas telah dibuka 80% untuk mengaktifkan mode ini maka dapat dilakukan dengan menekan pedal gas secara penuh ke lantai (katup gas akan terbuka penuh).

    Pada waktu katup gas terbuka penuh dan putaran mesin dibawah 600 rpm (saat start) maka ECU memberikan pulsa injektor dengan perbandingan campuran udara-bensin 20:1. Bahkan memungkinkan pula beberapa saat injektor akan menghentikan penyemprotan secara total/ECU mematikan pulsa-pulsa injektor.   

    3. Run Mode (Mode Jalan) 
    Mode Jalan mempunyai 2 kondisi : Loop Terbuka (open loop) dan Loop Tertutup (closed loop). 

    4. Open Loop (Loop Terbuka) 
    Ketika mesin dihidupkan/distart pertama kali, sistem adalah dalam loop terbuka, ECU tidak menggunakan sinyal oksigen sensor, sebagai pengganti ECU menghitung rasio campuran udara- bensin dari sensor-sensor TP, ECT, MAP/MAF, IAT dan CKP. 

    Sistem akan berjalan dalam loop terbuka sampai kondisi-kondisi berikut ditemui :

    Tegangan keluar oksigen sensor bervariasi, suhu mesin sudah mencapai temperatur kerja dan oksigen sensor telah mengirimkan sinyal secara akurat ke ECU. Sensor air pendingin mesin telah mengirimkan sinyalnya ke ECU dan suhu kerja mesin telah tercapai.

    Lamanya waktu setelah start sudah tercapai, besaran waktu ini telah disimpan dalam data software memeori ECU sedemikian rupa dan disesuaikan dengan keadaan operasional mesin saat itu.

    5. Closed Loop (Loop Tertutup) 
    Ketika sinyal O2 Sensor, sensor temperatur air pendingin (ECT) dan kondisi-kondisi operasional mesin sudah bekerja sesuai dengan data pada software closed loop, maka ECU berubah ke loop tertutup. Loop tertutup berarti ECU memeriksa dan memperbaiki rasio campuran udara-bensin berdasarkan perubahan sinyal tegangan dari O2 Sensor (Oksigen sensor). 

    Bila sinyal O2 Sensor di bawah 450 mV, ECU akan menaikkan lebar pulsa injektor untuk memperkaya pernadingan campuran udara-bensin, ketika tegangan sinyal O2 Sensor naik di atas 450 mV, ECU mengurangi lebar pulsa injektor membuat perbandingan campuran lebih kurus. 

    Pada loop tertutup sensor yang lain tetap bekerja sebagaimana mestinya untuk memberikan input pada ECU.   Dengan kekonstanan pengindraan oksigen yang terkandung dalam gas buang, ECU dapat mempertahankan perbandingan campuran udara-bensin mendekati rasio ideal 14.7:1 (stokiometrik), agar katalitik konverter dapat bekerja secara effisien.   

    6. Semi-Loop Tertutup 
    Guna meningkatkan penghematan bensin, dalam beberapa tipe ECU, sub-mode loop tertutup diprogramkan. Sub-mode ini disebut semi-loop tertutup, terjadi selama pengendaraan di jalan raya kecepatan tinggi dan beban mesin ringan. ECU mengatur bensin lebih kurus dari 14.7:1.

    Converter Protection Mode (Mode Perlindungan Katalitik Konverter) ECU memonitor secara konstan operasional mesin melalui input-input seperti oksigen sensor, dan kondisi-kondisi perkiraaan yang dapat menyebabkan katalitik konverter mencapai temperatur yang berkelebihan. Jika ECU menemukan bahwa kondisi panas lanjut konverter terjadi, sistem kembali ke loop terbuka, dan memperkaya campuran bensin yang dapat mendinginkan konverter.  

    7. Acceleration Enrichment Mode (Mode Akselerasi Percepatan) 
    Ketika katup gas dibuka dengan cepat atau akselerasi, pembukaan katup gas ini akan menyebabkan penambahan secara simultan tekanan dalam manifold absolute pressure (MAP) atau massa udara (MAF) dan juga terjadi perubahan yang cepat pada sudut katup gas. 

    Penyemprotan bensin harus ditingkatkan untuk mengimbangi udara yang berlebih juga untuk respon perubahan tiba-tiba sinyal TP dan MAP/MAF, lalu ECU mengatur pulsa injektor yang lebih panjang agar campuran tidak menjadi kurus.   

    8. Decceleration Enleanment Mode (Mode Pengurangan Kecepatan) 
    Ketika mesin menurunkan kecepatan, campuran udara-bensin yang lebih kurus dibutuhkan guna mengurangi emisi hidrokarbon (HC) dan karbon monoksida (CO). ECU menerika data pengurangan tekanan atau massa udara dari MAP/MAF Sensor dan pengurangan posisi sudut katup gas (TP sensor) untuk menghitung dan pengurangan /penurunan dalam lebar pulsa injektor. 

    Pengurangan kecepatan mungkin sebagian atau secara penuh atau pengemudi mungkin tiba-tiba mengembalikan katup gas pada posisi akselerasi atau posisi idel ECU akan dapat menyesuaikan dengan tepat waktu dari segala operasional tersebut. 

    Apabila pengurangan kecepatan sampai katup gas pada posisi tertutup, ECU menyensor/mengindera bahwa pengemudi bermaksud ke mesin kembali ke putaran idel, penyemprotan bensin mungkin diputus sama sekali (pengurangan kecepatan dengan pemutusan injeksi) jika mendekati putaran idel kembali penyemprotan bensin dilakukan lagi agar putaran idel dapat dipertahankan   

    9. Fuel Cut-Off Mode (Mode Pemutusan Bensin) 
    Salah satu tujuan pemutusan bensin adalah untuk menghentikan penyemprotan bensin dari mesin selama kondisi-kondisi pengurangan kecepatan, misalnya ketika pengemudi melepas pedal gas dan kecepatan kendaraan masih relatif tinggi, maka ECU akan memutuskan penyemprotan bensin, misalnya saat menutun, atau jalan datar tapi pengemudi tiba-tiba tidak menekan pedal gas.

    ECU mungkin juga diprogram untuk memutuskan aliran bensin untuk alasan keamanan ketika mesin belum mencapai putaran maksimum (speed limiter), nilai putaran maksimum ini berbeda pada setiap mesin kendaraan. 

    Pemutusan bensin juga terjadi ketika pengapian dimatikan �OFF�, tanpa pulsa-pulsa referensi pengapian dari CKP Sensor, ECU tidak mengaktifkan injektor dan tidak ada bensin yang disemprotkan untuk mencegah dieseling atau run-on.   

    10. Selective Fuel Cut-Off (Pemutusan Bensin Selektif) 
    Adakalanya pemutusan bensin selektif digunakan dalam beberapa penerapan untuk pengaturan torsi mesin dan perlindungan mesin dari kerusakan. Dalam penerapan ini ECU dapat mematikan injektor apabila terjadi kondisi-kondisi seperti di bawah ini; Torque management enabled (pengaturan torsi); digunakan untuk mengurangi torsi selama transmisi berganti kecepatan. 

    Traction Control Enabled (kontrol traksi) : terjadi untuk mengurangi torsi saat pengereman. High Coolant Condition (kondisi sistem pendingin kurang sempurna) - melindungi mesin over heating, jika tidak ada bensin diinjeksikan ke silinder-silinder tertentu, sedikit panas dibangkitkan akan dapat mengurangi temperatur air pendingin. 

    11. Backup Mode 
    Dalam mode ini ECU bekerja melalui kalibrasi data internal yang memungkinkan ECU untuk menjalankan mesin dengan hanya melalui input-input rpm, posisi katup gas dan temperatur air pendingin untuk merubah penghitungan penyemprotan bensin. Peristiwa ini hanya terjadi saat ECU tidak dapat menerima secara normal masukan data dari sensor yang lain, meskipun demikian mesin masih dapat hidup meskipun engine check lamp ( MIL) menyala.   

    12. Mode Koreksi Tegangan Baterai 
    ECU yang cerdas juga dapat bekerja dan menyesuaikan diri dengan tegangan baterai hal ini diesebut dengan Mode Koreksi Tegangan Baterai, ECU akan mengoreksi kerja untuk mengimbangi variasi-variasi tegangan baterai ke pompa bensin dan injektor, ECU mengubah lebar pulsa pembukaan injektor guna mengkoreksi tegangan yang bervariasi pada baterai. 

    Ketika tegangan baterai turun, pompa bensin melambat dan volume bensin turun. untuk mengimbanginya, ECU menambah lebar pulsa injektor. Mode koreksi tegangan baterai ini selalu bekerja dengan akurat pada setiap kondisi operasional mesin. ECU juga melakukan mode ini saat tegangan baterai rendah waktu putaran idel atau mesin distart, ECU juga mengatur arus primer dengan penambahan waktu sudut dwell, agar kemampuan percikan bunga api pada busi tetap stabil meskipun tegangan baterai berubah.

    Sunday, April 18, 2021

    Cara Unroot Android dengan Mudah Agar Garansi Tidak Hilang

     TipsSolusi.com - Lama tidak posting, akhirnya saya menyempatkan kembali untuk membuat sebuah artikel yang berjudul Cara Unroot Android dengan Mudah.



    Tentunya, akibat fitur bawaan yang terbatas pada smartphone itu sendiri, bukan tidak mungkin kalau sobat melakukan root pada Android milik sobat. Dengan cara ini, banyak kemudahan yang bisa didapatkan pada smartphone itu sendiri.

    Meski banyak membantu, cara root ini tentunya memiliki kelemahan yaitu berupa hilangnya garansi smartphone sobat. Dan tentunya, jika smartphone sobat mengalami kerusakan dan ingin membetulkannya secara cuma-cuma atau gratis, tentunya harus memiliki garansi yang masih aktif. Untuk mengakalinya, sobat bisa melihat caranya di bawah ini.

    Cara Mudah Unroot Android

    Yang harus sobat lakukan pertama kali adalah dengan mendownload aplikasi Root ExplorerES File Explorer, atau pun X-Plore File Manager. Sobat bisa mendownload-nya di bawah ini (Pilih salah satu).


    Caranya:

    Disini saya menggunakan ES File Explorer, sobat bisa memilih salah satu aplikasi diatas dan caranya tetap sama.

    1. Silahkan buka aplikasi yang telah didownload tersebut, lalu aktifkan fitur Root Explorer di bilah menu.


    2. Buka direktori Root (tanda "/") dan cari /system/bin/. Lalu cari file su didalam folder bin, lalu pilih hapus.


    3. Buka folder /system/xbin/, lalu cari kembali file su dan pilih hapus.


    4. Selanjutnya, hapus aplikasi Super SU atau Kingroot dari sistem. Caranya, buka folder /system/app/, dan cari file SuperSU.apk atau Kinguser.apk (Sesuai yang digunakan), lalu pilih hapus


    5. Langkah terakhir, sobat hanya tinggal me-restart smartphone. Maka akses root yang berada pada smartphone sobat akan hilang tanpa jejak.


    Bagaimana, mudah 'kan cara unroot Android dengan salah satu cara yang satu ini? 
    Selain untuk memudahkan untuk bisa mengakses kembali garansi smartphone, cara ini juga bertujuan untuk memperkenalkan sobat dengan fungsi direktori root pada Android yang sudah di Root. Jadi, fungsi pada aplikasi ini bukan hanya untuk memodifikasi sistem saja. Selamat mencoba!

    Mengenal Macam - Macam Lampu Indikator Dashboard Mobil

     TipsSolusi.com - Macam - Macam Lampu Indikator Dashboard Mobil - Ada cukup banyak lampu indikator yang terdapat pada mobil, banyak sedikitnya lampu indikator ini berbeda - berbeda pada setiap merek mobil.


    Beberapa Lampu Indikator Pada Dashboard Mobil Yang Penting Untuk Diketahui


    1. Indikator Check Engine Atau MIL (Malfuction Indicator Lamp)


    Salah satu lampu indikator mobil yang paling penting untuk diketahui adalah lampu check engine atau lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp). Jika mobil dalam keadaan normal, saat kunci kontak ON (mesin mati) lampu indikator ini akan menyala.

    Dan setelah kunci kontak ON mesin hidup maka lampu check engine ini akan mati, tetapi ketika mesin sudah hidup indikator check engine tetap menyala, ada indikasi malfungsi atau kerusakan pada mesin mobil  yang harus segera dicek menggunakan scantool.

    2. Indikator Seatbelt (Sabuk Pengaman)


    Ketika sabuk pengaman belum digunakan oleh pengemudi atau penumpang, maka lampu ini akan menyala. Pada mobil keluaran terbaru, indikator ini bukan hanya berupa lampu, tetapi juga suara yang terdengar cukup nyaring. Selama pengemudi / penumpang belum memasang safety belt, suara peringatannya pun akan terus berbunyi.

    3. Indikator SRS Airbag System


    Jika terdapat lampu indikator bertuliskan �SRS� atau gambar orang duduk memangku sebuah bulatan, maka artinya mobil tersebut sudah dilengkapi dengan pengaman pendukung berupa Airbag System. Airbag akan mengembang ketika mobil mengalami benturan yang cukup keras, airbag berfungsi untuk melindungi pengemudi & penumpang mobil ketika mobil tabrakan.

    Airbag terdapat banyak tipe, diantaranya : airbag depan, airbag tirai & airbag samping. Biasanya sistem airbag dilengkapi dengan modul atau ECU (Electronic Control Unit) sendiri yang digunakan untuk mengatur sistem airbag ini.

    Jika lampu indikator ini menyala artinya terjadi malfungsi pada sistem airbag mobil. Segera lakukan scanning untuk cek penyebab lampu indikator ini menyala agar sistem airbag mobil dapat berfungsi dengan normal.

    4. Indikator Bahan Bakar


    Lampu indikator ini berfungsi untuk mengingatkan pengemudi ketika bahan bakar didalam tanki bahan bakar tinggal sedikit, dalam keadaan seperti ini mobil akan tetap masih berjalan.

    Karena saat lampu indikator bahan bakar mulai nyala, didalam tanki bahan bakar masih menyimpan 3 - 6 liter bensin, jumlah tersebut dapat berbeda - beda pada setiap merek mobil. Tetapi jika terlalu lama bahan bakar tidak segera isi maka yang terjadi mobil bisa mati mendadak karena kehabisan BBM.

    5. Indikator Suhu Mesin


    Jika pengemudi atau pemilik kendaraan mengabaikan indikator suhu atau temperatur mesin pada dashboard mobil, mesin mobil bisa kapan saja mengeluarkan asap akibat mesin overheat. Maka dari itu pening untuk selalu memperhatikan indikator suhu mesin setiap saat.

    Ketika indikator suhu menunjukkan warna kuning atau orange, artinya temperature mesin masih dalam keadaan sedang. Tetapi ketika indikator menunjukkan warna merah, pengemudi patut untuk segera menepikan kendaraan dan mematikan mesin.

    6. Indikator CHG


    Aki / Accu merupakan salah satu komponen penting pada mobil utamanya pada sistem pengisian sebuah kendaraan. Jika tidak terjadi kondisi yang tak normal pada sistem pengisian maka seluruh sistem kelistikan yang menggunakan aki sebagai sumbernya maka tidak akan dapat menyala.

    7. Indikator Pintu


    Lampu indikator pintu ini akan menyala  saat ada pintu yang masih belum tertutup dengan rapat. Maka perlu untuk selalu menutup pintu mobil dengan benar & rapat, karena jika pintu tertutup tidak sempurna dapat membahayakan.

    8. Indikator ABS (Antilock Braking System)


    Lampu indikator ABS umumnya bertuliskan ABS yang menunjukkan kondisi fitur sistem rem ABS (Antilock Braking System) yang terdapat pada kendaraan. 

    Lampu indikator ini hanya terdapat padam obil yang sudah menggunakan sistem rem ABS. Jangan abaikan jika indikator ABS terus menyala,  hal ini memberikan isyarat bahwa ada masalah pada fitur ABS mobil yang harus segera dilakukan pengecekan pada sistemnya.

    9. Indikator Hand Brake / Parking Brake


    Hand brake (rem tangan) atau parking brake (rem parkir) adalah rem yang digunakan ketika mobil berhenti, hal ini digunakan untuk menjaga agar mobil tetap pada posisinya dan tidak bergerak. Indikator ini akan menyala untuk mengingatkan pengemudi bahwa tuas rem tangan (hand brake) masih bekerja dan belum dikembalikan pada posisi bebas.

    10. Indikator EPS (Electric Power Steering)


    Indikator EPS (Electric Power Steering) berfungsi untuk memperingatkan pengemudi atau pemilik kendaraan bahwa telah terdapat malfungsi pada sistem kemudi power steering.

    Dalam kondisi normal saat kunci kontak mulai ON, lampu indikator ini akan menyala dan kemudian mati setelah mesin mulai hidup. Tetapi ketika terdapat malfungsi pada sistem kemudi power steering, indikator EPS akan tetap menyala saat mesin hidup.

    11. Indikator TPMS (Tyre Pressure Monitoring System)


    Indikator TPMS ini terdapat pada mobil keluaran terbaru, indikator tekanan ban menyala ketika tekanan angin ban pada beberapa ban mobil berkurang. Kurangnya tekanan angin pada ban dapat berakibat borosnya penggunaan bahan bakar, sampai menyebabkan kecelakaan akibat ban selip di jalanan yang basah. 

    Jika tekanan ban berkurang segera mungkin untuk tambah angin. Penting untuk diingat, ban yang kempes jika digunakan saat jarak tempuh kendaraan jauh atau terlalu cepat maka ban dapat  rusak secara permanen.

    12. Indikator Oli Pelumas


    Kondisi oli pelumas mesin mobil dapat diketahui melalui indikator oli pelumas pada kendaraan, hal ini dilakukan agar pemilik kendaraan tidak lupa untuk mengganti atau menambah oli pelumas. Perhatikan indikator oli pelumas tersebut baik-baik, jika indikatornya menyala warna merah, segera lakukan penambahan atau penggantian oli pelumas.

    Saturday, April 17, 2021

    Cara Membuat Smartphone Menjadi Joystick Game untuk Laptop

     BLOG KOMPUTER - Siapa sih yang tidak suka bermain game di komputer? Entah itu game online maupun offline. Dan tentunya, sobat membutuhkan sebuah joystick/gamepad ketika bermain game di komputer. Namun, itu sekarang tidak diperlukan lagi. Kenapa? Karena, sekarang ini sobat bisa menggunakan smartphone untuk menjadi joystick/gamepad saat bermain game di komputer.




    Dengan menggunakan aplikasi yang bernama Max Remote, sobat bisa menggunakan smartphone android dan menyulapnya menjadi sebuah joystick/gamepad wireless. Artinya, sobat tidak perlu menggunakan kabel untuk menghubungkannya, yang dibutuhkan hanyalah koneksi WiFi yang sama. Daripada penasaran, simak saja caranya berikut ini.

    Cara Menggunakan Android Sebagai Joystick PC/Laptop

    1. Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah mendownload aplikasi yang bernama Max Remote di smartphone dan Remote Control Server pada komputer untuk mengidentifikasi alamat IP.

    2. Jika semuanya sudah terinstal, koneksikan Android dengan komputer. Hidupkan Hotspot di Android, lalu koneksikan pada WiFi komputer.

    3. Jalankan Max Remote Server pada komputer. Disitu akan terdapat sebuah alamat IP yang bisa dihubungkan dengan Android.


    4. Jalankan Max Remote di Android, klik I installed the new server! dan pilih Add Manually. Masukkan dan sesuaikan alamat IP yang tadi berada di komputer sobat.


    5. Pilih ikon joystick yang terdapat di aplikasi Max Remote tersebut. Kemudian pilih menu Play Station 3 untuk tampilan joystick playstation biasanya.


    6. Terakhir, sobat hanya tinggal memainkan game yang berada di komputer dengan menggunakan Max Remote. Tapi sobat harus ingat! Jaringan data selulernya dimatikan terlebih dahulu! Agar paket kuota internet sobat tidak tersedot atau berkurang.

    Bagaimana? Mudah bukan?
    Tentunya mudah sekali dan sobat tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli sebuah joystick untuk bermain game di komputer. Dengan menggunakan aplikasi ini, tentunya sobat hanya bermodalkan sebuah jaringan WiFi untuk menggunakannya.

    7 Cara Mengatasi Masalah Tentang Pesan Suara WhatsApp

     

    TipsSolusi.com – Cara Mengatasi Masalah Tentang Pesan Suara WhatsApp. WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna android dan iphone untuk mengirim dan menerima pesan.

    Fakta ini bukan hal yang mengejutkan pasalnya aplikasi ini memiliki banyak fitur yang sangat bermanfaat yang bisa memudahkan pengguna dalam berinteraksi. Dan salah satu fitur unggulan tersebut  adalah voice note atau pesan suara.

    Dengan menggunakan Voice note, user tidak perlu capek-capek mengetik pesan dimana pengguna hanya perlu merekam suara saja dan mengirimkannya sebagai pesan.

    Cara ini tentunya bisa dibilang lebih praktis dan cepat ketimbang mengirim pesan teks dan juga bisa  menyampaikan ‘emosi’ dalam isi pesan dengan cara yang lebih baik.

    Akan tetapi namanya juga aplikasi pasti terkadang terjadi bug dalam fitur ini seperti voice note WhatsApp tidak ada suaranya, voice note tidak bisa dibuka dan WhatsApp tidak bisa mengirim dan menerima pesan suara.

    Jika kamu sedang megalami masalah diatas jangan khawatir karena dibawah ini wonglampung telah merangkum tips Mengatasi Masalah Seputar Pesan Suara WhatsApp yang bisa kalian coba dengan mudah.

    Cara Memperbaiki Pesan Suara di WhatsApp (WA)

    1. Restart Smartphone

    Sebelum lebih jauh memikirkan cara mengatasi whatsapp tidak bisa kirim pesan suara, mari kita lakukan hal yang paling mudah dulu yaitu Merestart android kamu.

    Terkadang cara sederhana ini bisa memperbaiki masalah android karena proses restart akan menyegarkan semua sistem di smartphone.

    2. Berikan Izin Aplikasi

    Izin Aplikasi bisa menjadi alasan mengapa voice note whatsapp tidak ada suaranya. hal ini terjadi karena WA tidak memiliki izin menggunakan microphone android yang kamu gunakan.

    Maka untuk memperbaikinya kamu hanya harus memberikan izin ke whatsapp melalui pengaturan.

    Caranya:

    1. Masuk ke Settings lalu pilih Apps & Notifications
    2. Cari aplikasi WhatsApp, setelah ketemu ketuk aplikasi tersebut
    3. Selanjutnya akan tampil menu lainnya, silahkan pilih Permisions
    4. Pastikan Microphone sudah mendapatkan izin, Jika belum silahkan ketuk untuk memberi Izin.

    3. Nonaktifkan Aplikasi Perekam Suara Pihak Ketiga

    Selain belum memberikan izin penggunaan Microphone, Aplikasi Perekam Suara Pihak Ketiga juga bisa menjadi alasan mengapa whatsapp tidak bisa kirim audio.

    Untuk mengatasinya silahkan kamu nonaktifkan Aplikasi Perekam Suara Pihak Ketiga termasuk seperti aplikasi perekaman panggilan atau perekaman layar yang aktif di ponsel kamu.

    Setelah itu cobalah untuk mengirim voice note wa kembali, jika masih gagal coba hapus instalan aplikasi tersebut. Kemudian, coba putar voice note whatsapp kamu sudah ada suaranya atau belum.

    4. Cek Kapasitas Memori

    Dalam beberapa kasus, kita mungkin pernah mengalami voice note whatsapp tidak bisa dibuka dan mendapatkan notifikasi Sorry, cannot load this audio right now. Please try again later atau Maaf, tidak dapat memuat audio ini sekarang. Silakan coba lagi nanti.

    Itu terjadi karena memori hp kamu penuh. maka untuk mengatasinya silahkan hapus file yang tidak terpakai supaya bisa mengunduh pesan suara WhatsApp.

    5. Clear Cache

    Membersihkan Cache juga bisa menjadi solusi untuk memperbaiki masalah pesan suara di wa. Caranya:

    Masuk ke Pengaturan lalu pilih Apps & Notifications

    1. Cari WhatsApp, lalu tekan apps tersebut
    2. Kemudian pilih Storage & Cache
    3. Selanjutnya ketuk Clear Cache
    4. Terakhir Restart Hp

    6. Update WhatsApp

    Masalah Seputar Pesan Suara WhatsApp bisa disebabkan karena banyaknya bug dan aplikasi sudah ketinggalan update terlalu jauh.

    Oleh karena itu, cobalah untuk Memperbaharui Aplikasi WhatsApp kamu dan lihat apakah whatsapp kamu sudah bisa kirim pesan suara atau belum.

    7. Uninstall & Install WhatsApp

    Cara Terakhir ini bisa kamu coba jika 6 cara diatas tidak dapat memperbaiki whatsapp tidak bisa kirim pesan suara.

    Silahkan Uninstall WhatsApp kamu lalu bersihkan Cache android menggunakan CC Cleaner. Setelah itu restart hp.

    Setelah Hp hidup kembali coba download dan install kembali WhatsApp dari Playstore.

    Itulah 7 Cara Mengatasi Masalah Tentang Pesan Suara WhatsApp Semoga Artikel ini membantu.

    Cara Memperbaiki Pesan Suara Di Wa, Cara Memperbaiki Voice Note Di Wa, Cara Mengaktifkan Pesan Suara Di Whatsapp, Kenapa Voice Note Whatsapp Tidak Ada Suaranya, Kenapa Voice Note Whatsapp Tidak Bisa Dibuka, Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Audio, Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Kirim Pesan Suara, Pengaturan Voice Note Whatsapp

    Arti Warna Kabel Kiprok Motor Beserta Fungsinya

      TipsSolusi.com - Warna Kabel Kiprok Motor Beserta Fungsinya  - Kiprok atau regulator berfungsi sebagai komponen penyetabil arus listrik dari spul ke accu (aki) motor. Tegangan listrik dan Arus listrik yang masuk ke aki motor sudah di sesuaikan dengan kapasitas volt dan ampere yang terdapat pada sepeda motor, umumnya sistem kelistrikan motor yang terdapat di indonesia adalah 6 volt dan 12 volt.


    Fungsi kiprok yang kedua yaitu sebagai pengubah arus listrik AC (Bolak - Balik) dari spul motor menjadi arus DC (Searah). Arus DC ini yang kemudian di gunakan untuk pengisian (cas) aki motor. Arus yang sudah tersimpan dalam aki kemudian di gunakan untuk kebutuhan beban pada motor, seperti : klakson, lampu sein, elektrik stater, lampu utama, dan lampu kontrol & speedo meter motor.

    Soket dan warna kabel kiprok antara merek motor satu dengan merek motor lainnya berbeda, misalnya soket dan warna kabel kiprok pada motor Honda berbeda dengan motor Yamaha. 

    Tetapi pada merek motor dengan pabrikan yang sama, warna kabel kiprok ini memiliki kesamaan. Karena di era karburator merek motor dengan pabrikan sama, semua warna kabel memiliki fungsi yang sama.

    Contonya, kabel kiprok warna kuning pada motor Honda Grand berfungsi untuk penerangan, dan pada motor Honda Mega Pro kabel warna kuning juga berfungsi untuk penerangan / lampu.

    Contoh kedua, kabel kirpok warna hitam pada motor Yamaha Jupiter befungsi untuk kabel massa, dan pada motor Yamaha Mio kabel hitam juga berfungsi untuk kabel massa / body. Saya harap penjelasan saya tadi mudah untuk anda pahami.

    Warna Kabel Kiprok Motor Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki Dan Fungsinya


    1. Warna Kabel Kiprok Motor Honda

    Kabel Kiprok Motor Honda
    • Warna kabel merah berfungsi untuk Baterai atau Accu 12 volt (+).
    • Warna kabel kuning berfungsi untuk lampu utama.
    • Warna kabel putih berfungsi untuk spul pengisian.
    • Warna kabel hijau berfungsi untuk massa (-) / bodi motor.

    2. Warna Kabel Kiprok Motor Yamaha

    Kabel Kiprok Motor Yamaha
    • Warna kabel merah berfungsi untuk Baterai atau Accu 12 volt (+).
    • Warna kabel kuning untuk beban / lampu.
    • Warna kabel putih berfungsi untuk spul pengisian.
    • Warna kabel hitam berfungsi untuk massa (-) / bodi motor.

    3. Warna Kabel Kiprok Motor Kawasaki

    Kabel Kiprok Motor Kawasaki
    • Warna kabel putih - garis hitam ke (+) positif Accu motor.
    • Warna kabel kuning untuk beban / lampu.
    • Warna kabel biru - garis putih untuk pengisian (cas) Accu / Aki motor.
    • Warna kabel hitam - garis kuning berfungsi untuk massa (-) / bodi motor.

    4. Warna Kabel Kiprok Motor Suzuki

    Kabel Kiprok Motor Suzuki
    • Warna kabel merah ke terminal (+) positif Accu / Aki motor.
    • Warna kabel kuning - garis putih untuk beban / lampu.
    • Warna kabel putih - garis merah untuk pengisian Accu motor.
    • Warna kabel hitam - garis putih untuk massa (-) / bodi motor.

    Friday, April 16, 2021

    Trik Instagram yang Jarang Diketahui Orang

     BLOG KOMPUTER - Instagram, salah satu aplikasi masa kini yang memiliki fitur sebagai tempat sharing foto/gambar. Entah itu foto selfie, traveling, maupun foto makanan. Sobat juga bisa like, menambahkan komentar, ataupun upload foto seru. Instagram ini tentunya sangat hits dikalangan anak muda zaman sekarang.




    Tidak hanya untuk upload foto, tetapi instagram juga mempunyai trik tersembunyi yang tidak kalian tahu. Apa saja itu?

    Agar tidak penasaran, sobat bisa melihat dan mencoba trik tersebut dibawah ini.

    Trik Tersembunyi Instagram Yang Jarang Diketahui

    1. Mengetahui postingan yang telah di like

    Pastinya sobat pernah mengalami lupa pada postingan di timeline apa saja yang telah di like. Tapi jangan khawatir, sobat bisa melihat postingan-postingan yang telah di like tersebut. Caranya, klik Options > Posts You've Liked. Dengan ini, sobat bisa melihat postingan apa saja yang telah di like pada timeline instagram sobat.



    2. Kepoin orang tanpa takut kepencet tombol like

    Bagi orang-orang yang suka stalking atau kepoin orang lain, tips ini bisa sobat coba. Sobat tidak usah takut saat stalking atau kepo terhadap orang lain tanpa harus takut tombol like-nya kepencet. Caranya, scroll terlebih dahulu foto-foto yang ingin dilihat, lalu aktifkan "Airplane Mode" pada smartphone sobat. 

    3. Hapus History

    Tidak mau 'kan sobat kena marah sama pacarnya saat kepo sama mantan? Caranya mudah, hapus semua history di instagram sobat dengan cara pilih Options > Clear Search History. Semua history di instagram sobat akan terhapus semua.


    4. Menyembunyikan filter yang jarang dipakai

    Dengan cara yang satu ini, sobat bisa memilih filter mana yang akan muncul saat pertama kali upload foto/gambar. Klik Manage dibagian filter, pilihlah filter mana saja yang akan muncul atau disembunyikan.



    5. Memberikan "Enter" pada setiap caption

    Pasti banyak yang bingung, gimana caranya nulis dibarisan baru saat memberikan caption foto di instagram? Caranya mudah, tekan tombol "123" di keyboard smartphone sobat. Dengan begitu, keyboard akan memunculkan angka. Lalu tekan Return dibagian kanan bawah.


    6. Menyembunyikan foto yang ditag

    Saat sobat ditag pada sebuah foto postingan teman sobat, sobat bisa memilih foto tersebut untuk tampil di Instagram atau tidak. Jika ingin menyembunyikannya, sobat bisa melakukan dengan cara klik dibagian tag lalu Edit Tags, Pilih Hide from Profil. Lalu pilih foto mana saja yang akan disembunyikan.


    7. Hapus foto dari geotags

    Supaya tidak dikepoin sama mantan saat pergi kemana saja, sobat bisa mengatasi dengan menghilangkan foto dari geotags. Klik icon geotags > Lalu edit dan pilih foto mana saja yang ingin dihapus.


    8. Menghilangkan iklan di Instagram

    Pasti sobat suka kesel dengan banyaknya iklan yang tampil pada timeline instgram. Cara untuk mengakalinya yaitu, klik tulisan sponsore lalu pilih Hide This. Sobat juga bisa melakukan settingan agar iklan tidak muncul.


    9. Cara untuk memberikan Link dipostingan

    Kelemahan pada Instagram tentunya tidak bisa klik link dari caption tersebut. Tapi sobat bisa mengakalinya dengan cara, menuliskan link dibagian bio. Tapi ingat, linknya harus diubah-ubah agar relevan dengan postingannya.



    Nah, itu tadi adalah beberapa trik tersembunyi yang berada pada aplikasi Instagram. Dengan trik ini, tentunya akan bisa menambah wawasan lagi terhadap aplikasi upload foto di Instagram ini bagi sobat semua. Selamat mencoba!