Wednesday, February 19, 2020

APAR (Alat Pemadam Api Ringan) : Fungsi, Jenis Dan Cara Menggunakannya

APAR (Alat Pemadam Api Ringan) : Fungsi, Jenis Dan Cara Menggunakannya - Alat Pemadam Api Ringan (APAR) adalah alat proteksi kebakaran ringan api kecil di awal timbulnya asap api, alat pemadam api ringan digunakan hanya untuk kebakaran ringan, bukan untuk kebakaran berat atau api yang sudah menyala besar. Alat pemadam kebakaran portable itu sendiri berfungsi untuk mengatasi suatu titik api atau kebakaran yang masih dapat terkontrol.

Disebut alat pemadam kebakaran portable karena bentuknya yang kecil dan praktis sehingga mudah dipindahkan dan dibawa ke mana-mana. Untuk penempatannya, Alat pemadam kebakaran portable merupakan komponen penting dari balanced rencana perlindungan kebakaran.

Pendukung keselamatan kebakaran terus mempromosikan manfaat alat pemadam api portabel sebagai bagian dari pendekatan yang lengkap dan seimbang untuk proteksi keamanan ketika terjadi kebakaran.

Kelas - Kelas Kebakaran

  • Kebakaran Kelas A : Kebakaran Kelas A merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan padat non-logam seperti Kertas, Plastik, Kain, Kayu, Karet dan lain sebagainya. Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan kebakaran Kelas A adalah APAR jenis Cairan (Water), APAR jenis Busa (Foam) dan APAR jenis Tepung Kimia (Dry Powder).
  • Kebakaran Kelas B : Kebakaran Kelas B merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan cair yang mudah terbakar seperti Minyak (Bensin, Solar, Oli), Alkohol, Cat, Solvent, Methanol dan lain sebagainya. Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan kebakaran Kelas B adalah  APAR jenis Karbon Diokside (CO2), APAR jenis Busa (Foam) dan APAR jenis Tepung Kimia (Dry Powder).
  • Kebakaran Kelas C : Kebakaran Kelas C merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh Instalasi Listrik yang bertegangan. Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan kebakaran Kelas C adalah APAR jenis Karbon Diokside (CO2) dan APAR jenis Tepung Kimia (Dry Powder).
  • Kebakaran Kelas D : Kebakaran Kelas D merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan logam yang mudah terbakar seperti sodium, magnesium, aluminium, lithium dan potassium. Kebakaran Jenis ini perlu APAR khusus dalam memadamkannya.
  • Kebakaran Kelas K : Kebakaran Kelas K merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh minyak masak (minyak sayur, minyak hewan) ataupun lemak yang biasanya dipergunakan dalam dapur masak. Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan Kebakaran Kelas K adalah  APAR jenis Busa (Foam) dan APAR jenis Karbon Diokside (CO2).

Jenis - Jenis APAR (Alat Pemadam Api Ringan)

1. APAR Jenis Dry Chemical Powder 
APAR Jenis Serbuk Kimia atau Dry Chemical Powder Fire Extinguisher terdiri dari serbuk kering kimia yang merupakan kombinasi dari Mono-amonium dan ammonium sulphate.

Serbuk kering Kimia yang dikeluarkan akan menyelimuti bahan yang terbakar sehingga memisahkan Oksigen yang merupakan unsur penting terjadinya kebakaran api . Hanya saja, penggunaan bahan dry chemical powder memiliki kelemahan, yaitu meninggalkan sisa atau bekas yang dapat merusak alat elektronik.

APAR Jenis Dry Chemical Powder ini diperuntukan mengatasai kelas kebakaran sebagai berikut :
  • Kelas Kebakaran A : Benda Padat (Kain, Kayu, Kertas)
  • Kelas Kebakaran B : Benda Cair (Minyak, Bensin, Solar)
    • Kelas Kebakaran C : Benda Gas (Elpiji, Tinner)
      • Kelas Kebakaran E : Electrikal (Dinamo, Motor Listrik)
      APAR Dry Chemical Powder

      2. APAR Jenis Carbon Dioxide CO�
      Alat Pemadam Kebakaran Api dapat mencegah kelas B dan C yang artinya mampu mengatasi kebakaran yang lebih besar apabila kebakaran itu disebabkan oleh hubungan arus pendek atau korsleting listrik.

      APAR Jenis Karbon Dioksida (CO2) adalah Jenis APAR yang menggunakan bahan Karbon Dioksida (Carbon Dioxide / CO2) sebagai bahan pemadamnya.  APAR Karbon Dioksida sangat cocok untuk Kebakaran Kelas B (bahan cair yang mudah terbakar) dan Kelas C (Instalasi Listrik yang bertegangan).

      APAR jenis ini diperuntukan mengatasi kebakaran kelas berikut :
      • Kelas Kebakaran B : Benda Cair (Minyak, Bensin, Solar)
      • Kelas Kebakaran C : Benda Gas (Elpiji, Tinner)
        • Kelas Kebakaran D : Logam (Magnesium, Misiu)
        APAR Carbon Dioxide CO�

        3. APAR Jenis Foam Ligiud
        APAR jenis ini mengatasi kebakaran lebih besar apabila kebakaran itu disebabkan oleh kompor gas meledak (LPG, LNG) dan cairan kimia lain seperti bensin, solar, dan alkohol. Selain itu, APAR berisi foam liguid juga sesuai untuk memadamkan kebakaran benda padat seperti kayu, kertas, dan kain.

        Perlu diingat bahwa APAR berisi foam liguid tidak boleh digunakan untuk memadamkan kebakaran akibat korsleting listrik karena bersifat foam liguid menghantarkan listrikk APAR Jenis foam liguid ini adalah

        Jenis APAR yang terdiri dari bahan kimia yang dapat membentuk busa. Busa liguid (Foam Liquid) yang disembur keluar akan menutupi bahan yang terbakar sehingga Oksigen tidak dapat masuk untuk proses kebakaran.

        APAR jenis ini dipergunakan untuk mengatasi kebarakan berikut :
        • Kelas Kebakaran A : Benda Padat (Kain, Kayu, Kertas)
        • Kelas Kebakaran B : Benda Cair (Minyak, Bensin, Solar)
          • Kelas Kebakaran D : Logam (Magnesium, Misiu)
          • Kebakaran Kelas K : Minyak masak (minyak sayur, minyak hewan)
          APAR Foam Ligiud

          4. APAR Jenis Hallon Free / Clean Agenta FA11
          Alat Pemadam Kebakaran Api yang dapat mencegah kelas kebakaran A B C yang artinya sama seperti alat pemadam kebakaran Dry Chemical Powder mampu mengatasi segala jenis kebakaran / kelas kebakaran lebih besar apabila kebakaran itu disebabkan oleh apapun.

          Keunggulan alat pemadam kebakaran hallon free yaitu tidak meninggalkan sisa atau residu pada saat digunakan / bersih pada saat digunakan, tidak menghantarkan listrik serta tidak merusak peralatan elektronik.

          APAR jenis ini dapat dipergunakan untuk segala kelas kebakaran seperti :
          • Kelas Kebakaran B : Benda Cair (Minyak, Bensin, Solar)
            • Kelas Kebakaran C : Benda Gas (Elpiji, Tinner)
            • Kelas Kebakaran D : Logam (Magnesium, Misiu)
            • Kelas Kebakaran E : Electrikal (Dinamo, Motor Listrik)
              APAR Hallon Free / Clean Agenta FA11

              5. APAR Jenis Cairan / Water
              APAR Jenis Air (Water) adalah Jenis APAR yang disikan oleh Air dengan tekanan tinggi. APAR Jenis Air ini merupakan jenis APAR yang paling Ekonomis dan cocok untuk memadamkan api yang dikarenakan oleh bahan-bahan padat non-logam seperti Kertas, Kain, Karet, Plastik dan lain sebagainya (Kebakaran Kelas A). Tetapi akan sangat berbahaya jika dipergunakan pada kebakaran yang dikarenakan Instalasi Listrik yang bertegangan (Kebakaran Kelas C).

              Cara Menggunakan APPAR (Alat Pemadam Api Ringan)

              Bagian - Bagian APAR
              • Tarik/Lepas Pin pengunci tuas APAR / Tabung Pemadam.
              • Arahkan selang ke titik pusat api.
                • Tekan tuas untuk mengeluarkan isi APAR / Tabung Pemadam.
                  • Sapukan secara merata sampai api padam.

                    Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Menggunakan APAR
                      • Perhatikan arah angin (usahakan badan/muka menghadap searah dengan arah angin) supaya media pemadam benar-benar efektif menuju ke pusat api dan jilatan api tidak mengenai tubuh petugas pemadam.
                        • Perhatikan sumber kebakaran dan gunakan jenis APAR yang sesuai dengan klasifikasi sumber kebakaran.

                          Fungsi Ball Joint Mobil Dan Gejala Kerusakan Ball Joint Mobil

                          Fungsi Ball Joint Mobil Dan Gejala Kerusakan Ball Joint Mobil - Ball Joint merupakan komponen kaki kaki mobil yang sering rusak karena fungsinya atau kerjanya yang sangat berat dan terus menerus.

                          Fungsi Ball Joint Mobil


                          Letak Ball Joint

                          Ball Joint merupakan komponen kaki kaki mobil yang berfungsi untuk menghubungkan antara sayap (arm) dengan knuckle roda. Selain itu Ball Joint ini memiliki fungsi sebagai sumbu roda saat berbelok ke kanan dan ke kiri.

                          Posisinya berada menempel pada sayap langsung tapi ada juga yang dipasang menggunakan baud. Dalam satu roda depan ada yang menggunakan dua buah Ball Joint atas dan bawah,tetapi ada juga yang menggunakan satu buah Ball Joint bawah saja. 

                          Bentuk ball joint menyerupai tie rod, juga mengalami keausan. Keausan ini menimbulkan kelonggaran sebagai penyebab terjadinya bunyi-bunyi. Ball joint adalah bagian yang menahan roda supaya tidak lepas dari chassis.

                          Jika komponen ini sudah rusak maka bisa menimbukan masalah seperti timbulnya bunyi berdecit ketika stir dibelokan, liarnya stir kemudi yang mengakibatkan susahnya mobil untuk dikendalikan. 

                          Kerusakan ball joint terutama pada bagian upper joint juga dapat mengakibatkan ban menjadi lebih cepat aus pada bagian dalamnya atau bahkan aus secara bergelombang, berintik atau keriting.
                          "Ketika ball joint sudah rusak, mobil di spooring balancing akan percuma, karena tetap tidak sempurna. Dan jika dibiarkan terus - menerus maka dapat membuat komponen lain pada kaki - kaki rusak" 

                          Ciri - Ciri Ball Joint Mengalami Kerusakan

                          • 1. Terdengar bunyi gludug - gludug yang cukup keras pada roda depan kendaraan ketika melewati jalan tidak rata (rusak). Hal ini bisa diakibatkan besi gesekan dengan besi pada ball joint karena teflon atau plastik yang terdapat pada ball joint sudah rusak parah.
                          • 2. Ban aus tidak merata, aus bagian dalam.
                          • 3. Karet penutup atau but pada ball joint sudah sobek.
                          • 4. Tanda lain adalah roda depan akan kocak 

                          Cara Mengecek Kerusakan Ball Joint Mobil

                          Sebagai contoh cara cek kerusakan ball joint kali ini pada toyota Avanza yang menggunakan sistem suspensi jenis MacPherson strut, sistem suspensi jenis ini banyak digunakan pada kendaraan berukuran kecil seperti sedan dll. 
                          • 1. Mendongkrak roda depan hingga tidak menyentuh tanah. Kemudian goyangkan roda pada posisi atas bawah agak kesamping sehingga terbentuk menyerupai huruf X (lihat gambar dibawah). 
                          Goyangkan Roda

                          • 2. Goyangkan roda pada arah no 1 dan 4 lalu 2 dan 3 pada gambar di atas, ball joint yang rusak akan terasa kocak (oblag).
                          • 3. Goyangkan roda pada posisi 5 dan 6, tergantung posisi tie rod berada di sebelah depan atau belakang dari poros roda. Jika tie rod berada di depan poros roda (no 5 adalah depan). Saat di goyang kesamping pada arah 5 dan 6, jika ball joint rusak maka akan terasa oblag lebih besar pada bagian belakang (no 6, lihat gambar) dan sebaliknya. 

                          Jika tie rod berada di belakang as roda seperti kebanyakan mobil sedan, saat roda digoyang pada posisi 5 dan 6 maka terasa kocak yang lebih besar ada pada posisi no 5 atau depan.

                          Jika kerusakan terlalu parah dan bunyi gludug roda terlalu keras saat lewat jalan rusak, biasanya kocak pada roda terasa lebih keras.

                          Tetapi jika kerusakan tidak terlalu parah atau terdapat tanda bunyi roda yang tidak terlalu keras, biasanya pengecekan ball joint harus dengan menggunakan besi pengungkit yang diletakkan antara arm dengan ball joint (silakan lihat gambar di bawah pada titik A dan B).

                          Ball joint yang rusak dapat di ganti ball jointnya sendiri atau satu set dengan lower Arm tergantung kondisi, jika bushing pada arm juga sudah retak lebih baik ganti satu set lower Arm dengan ball joint.

                            Fungsi ECU (Electronic Control Unit) & Prinsip Kerjanya

                            Fungsi ECU (Electronic Control Unit) & Prinsip Kerjanya - Electronic Control Unit (ECU) adalah sebuah perangkat elektronik yang berfungsi untuk mengatur operasi dari internal combustion engine (mesin pembakaran dalam). Kelebihan menggunakan ECU ini adalah agar waktu pengapian dan penyemprotan bahan bakar lebih presisi.

                            Ada beberapa cara untuk memperoleh pembakaran yang sempurna diantaranya adalah mengontrol jumlah bahan bakar ke dalam mesin dan waktu penginjeksian. Sehingga jumlah bahan bakar dapat diatur sesuai dengan kebutuhan mesin serta mongontrol proses pembakaran dengan timing advance pengapian yang tepat sehingga seluruh campuran bahan bakar dengan udara terbakar sempurna.
                            ECU (Electronic Control Unit)

                            Beberapa ECU yang biasa digunakan diantaranya adalah ECM (Engine Control Module), PCM (Powertrain Control Module), BCM (Brake Control Module), & GEM (General Electric Module) dll.

                            Fungsi ECU (Engine Control Unit) / ECM (Engine Control Module) Pada Mesin


                            ECU pada mesin atau disebut juga dengan nama ECM (Engine Control Module) memiliki fugsi, sebagai berikut :
                            • 1. Menentukan waktu penyemprotkan (penginjeksian) bahan bakar, dengan durasi waktu yang cepat atau lama.
                            • 2. Mengontrol waktu pengapian agar waktu pengapian dapat terjadi tepat waktu.
                            • 3. Menjaga mesin agar tidak terjadi detonasi dengan cara memajukan / memundurkan saat pengapian jika sensor knocking mendeteksi adanya gejala detonasi.
                            • 4. Mengontrol cold start injector untuk beroperasi pada beberapa tipe kendaraan ketika kondisi mesin dingin, sehingga campuran udara dan bahan bakar menjadi gemuk dan mesin akan lebih mudah untuk menyala pada kondisi dingin.
                            • 5. Mengontrol aliran udara selama mesin pada putaran idle (stasioner), yaitu melewati katup ISC (Idle Speed Control).
                            • 6. Mengatur kerja kipas pendinginan. Pada saat mesin sudah mencapai temperatur sekitar 80o C, kipas pendingin akan bekerja sehingga tidak akan terjadi overheating.

                            Komputer Pengontrolan ECU Dibagi Menjadi 2 Jenis

                            1. Jenis rangkaian analog (analog circuit type)
                            Pengontrolan waktu injeksi berdasarkan waktu yang diperlukan kapasitor untuk pengisian (charge) dan pengeluaran (discharge).

                            2. Jenis pengontrolan microcomputer (microcomputer controlled type)
                            Komputer ini digunakan untuk menyimpan data base mapping dalam memori untuk menentukan waktu penginjeksian (injection timing) dan durasi bahan bakar yang diinjeksikan serta mongontrol proses pembakaran dengan timing advance.

                            ECU bekerja secara digital logic dengan sebuah mikrokontroller yang berfungsi mengolah data dengan proses membandingkan dan mengkalkulasi data untuk disesuaikan oleh kebutuhan mesin. Pengolahan data dari bebagai sensor -sensor diantaranya :
                            • Throttle Position Sensor (TPS)
                            • Intake Air Temperature sensor (IATS)
                            • Manifold Air Pressure (MAP)
                            • Crank Position Sensor
                            • Oxygen Sensor 
                            • KnockSensor
                            • Coolant Temperatur Sensor.

                            Informasi dari sensor-sensor tersebut akan diproses oleh mikrokontroller untuk memerintah actuator yaitu injector, coil, fuel pump, dan fan. Akan tetapi muncul masalah baru, dimana ECU asli kendaraan pada umumnya tidak dapat dirubah base mapping yang tersimpan pada memori ECU tersebut atau biasa disebut Fix Mapping.

                            Prinsip Kerja ECU (Electronic Control Unit)

                            Skema Prinsip Kerja ECU

                            1. Sensor
                            Sensor merupakan input atau masukan untuk ECU (Electronic Control Unit) pada sistem EFI, sensor berfungsi sebagai pemberi sinyal. Sinyal sensor terdapat dua jenis, yaitu : sinyal discrete dan  sinyal analog. Discrete signal berupa skala biner dimana hanya ada ON atau OFF (1 atau 0, benar atau salah), contoh nya pada push button. Sedangkan sinyal analog menggunakan prinsip rentang suatu nilai antara nol hingga skala penuh.

                            Misalnya pada sensor MAP (Manifold Air Pressure) dan TPS (Throttle Position sensor).  Signal analog bisa berupa tegangan atau arus listrik yang akan diproporsionalkan oleh nilai integer  mikrokontroler  ECU, contohnya : pembacaan pada Throttle 0 % - 100 % akan dikeluarkan sensor TPS dengan nilai tegangan 0 V � 5 V dimana nilai ini akan dikonversikan menjadi nilai integer 0 � 32767.

                            2. ECU (Engine Control Unit)
                            ECU memiliki tiga bagian utama, yaitu: mikrokontroler, sistem memori dan sistem power supply. Semua aktivitas memproses data yang diambil dari sensor akan terjadi pada mikrokontroler ECU secara aritmatik dan logic, yaitu: operasi logika, sequential, timer, counter dan ADC serta mengendalikan kerja sistem secara keseluruhan.

                            Mikrokontroler ECU akan menghitung sinyal yang masuk dari pulser atau CKP (Crankshaft Position Sensor) secara  timer dan counter  sehingga dapat menentukan kapan waktu pengapian yang tepat dan jumlah bahan bakar yang  harus diinjeksi kan ke dalam mesin sesuai dengan RPM mesin.

                            4. Aktuator
                            Hasil data yang diproses oleh ECU akan dikeluarkan berupa sinyal digital untuk menjalankan aktuator. Lamanya waktu Injektor untuk menginjeksikan bahan bakar akan sesuai dengan perhitungan di dalam mikrokontroler ECU. Begitu juga dengan waktu pengapian.

                            5. COM
                            COM berfungsi sebagai media  komunikasi ECU dengan alat interface lain, misalnya : laptop, komputer atau handphone. Dari media COM inilah kita bisa melakukan perubahan nilai dari parameter-parameter waktu pengapian dan injeksi.

                            Sunday, February 16, 2020

                            Jenis - Jenis Gardan (Diffferential)

                            Tipe - Tipe Gardan / Diffferential - Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai fungsi gardan / diferential, kali ini akan dibahas tentang tipe - tipe gardan.

                            Berikut Ini Jenis - Jenis Gardan (Diferential) :

                            Differential secara umum terbagi menjadi 4 tipe jika dilihat dari bentuk dan posisi drive pinion terhadap Final ring gear, yaitu :
                            Tipe - Tipe Gardan


                            1. Tipe Straight Bevel Gear
                            Tipe Straight Bevel Gear adalah tipe differential yang posisi drive pinion sejajar dengan titik tengah dari sumbu Final ring gear. Selain itu, bentuk gigi pada drive pinion gear seperti garis lurus.

                            2. Tipe Spiral Bevel Gear
                            Tipe Spiral Bevel Gear adalah tipe differential yang posisi drive pinion sejajar dengan titik tengah dari sumbu Final ring gear mirip dengan straight bevel gear. Yang membedakan differential tipe spiral bevel gear adalah bentuk gigi pada drive pinion gear yang menyerupai garis melengkung.


                            3. Tipe Hypoid gear
                            Tipe Hypoid Gear adalah tipe differential yang posisi drive pinion tidak segaris dengan titik tengah dari sumbu Final ring gear, melainkan berada dibawah garis sumbu Final ring gear. Bentuk gigi pada drive pinion gear juga menyerupai garis melengkung seperti pada tipe spiral bevel gear.

                            4. Tipe Worm Gear
                            Tipe Worm Gear adalah tipe differential yang drive pinion gearnya berbentuk seperti cacing melingkar, Konstruksi seperti ini banyak digunakan pada kendaraan - kendaraan berat.

                            Wednesday, February 12, 2020

                            Pantai Sanur Bali - Gambar, Harga Tiket Masuk, Daya Tarik, Alamat + Rute Menuju Lokasi

                            Pantai Sanur Bali - Setelah pada postingan yang lalu saya membahas mengenai obyek wisata Pantai Pandawa Bali,

                            kali ini saya akan membahas mengenai salah satu pantai di Bali yang sudah cukup terkenal yaitu Pantai Sanur Bali.

                            Pegipegi.com
                            Sanur Beach Bali atau Pantai Sanur Bali merupakan salah satu obyek wisata pantai pasir putih yang sangat terkenal di Pulau Dewata ini.

                            Setiap hari pantai ini selalu ramai dengan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

                            Lalu, apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke obyek wisata Bali yang cukup terkenal ini ?

                            kalau jawabannya memang iya, maka sebelum itu simak informasi mengenai Pantai Sanur Bali pada artikel berikut ini.




                            Mengenal Pantai Sanur Bali

                            Telusurindonesia.com
                            Pantai Sanur adalah salah satu objek wisata dan objek fotografi favorit di Bali.

                            Tidak seperti Pantai Kuta maupun Padang-Padang, Sanur adalah pantai dengan ombak yang relatif tenang.

                            Jika kamu mencari pantai untuk snorkelling atau jalan-jalan santai, Pantai Sanur bisa menjadi tujuan yang sangat tepat.

                            Pantai Sanur juga merupakan salah satu titik favorit untuk memandang matahari terbenam.

                            Dengan garis pantai sepanjang delapan kilometer, Pantai Sanur memberi tempat yang cukup luas bagi wisatawan pecinta pantai untuk menjelajah.

                            Backpackerjakarta.com
                            Walau masyarakat kebanyakan hanya mengenal nama "Sanur", area ini sebenarnya terdiri dari 7 buah pantai, yaitu Semawang, Marta Sari, Batu Jimbar, Karang Sanur, Sindhu, Segara Ayu, dan Matahari Terbit.

                            Nama pantai yang terakhir ini merujuk pada lokasinya yang tepat untuk memandang matahari terbit.

                            Semua pantai ini memiliki pemandangan indah yang cocok untuk melengkapi kegiatan wisata kamu.

                            Sanur juga dekat dengan pasar seni, pusat oleh-oleh, restoran, serta berbagai penginapan, sehingga praktis bagi wisatawan yang datang dari luar daerah.

                            Tak heran jika Sanur menjadi salah satu nama tempat wisata pantai ikonik di Bali.

                            Brobali.com

                            Sejarah Pantai Sanur Bali

                            Sejarah Pantai Sanur sebagai tempat wisata di Pulau Bali mulai diperkenalkan pada tahun 1937 oleh seniman asal Negara Belgia, yang bernama A.J. Le Mayeur.

                            Seniman Belgia ini memiliki istri orang Bali yang bernama Ni Polok.

                            Water-spot-bali.com
                            Cara A.J. Le Mayeur mengenalkan keindahan Pantai Sanur ke mancanegara dengan membuat lukisan tentang pantai ini dan melakukan pameran lukisan ke mancanegara.

                            Karena hal ini, Pantai Sanur Bali mulai dikenal dunia Internasional.

                            Dapat dikatakan daerah Sanur adalah salah satu perintis pariwisata Pulau Bali, dan membuat pariwisata Bali terkenal sampai saat ini.

                            Daya Tarik Pantai Sanur Bali

                            Daya tarik utama dari Pantai Sanur sebagai obyek wisata terletak pada:

                            Balebengong.net
                            • Keindahan Pantai Sanur atau Sanur Beach paling utama adalah kebersihan pasir pantai yang selalu terjaga dan pasir pantai yang berwarna putih.
                            • Ombak laut yang tenang dan cenderung dangkal membuat Pantai Sanur menjadi tempat yang ideal untuk anak-anak berenang. Jika kamu seorang pemula dalam olahraga menyelam atau snorkelling, pantai ini juga sangat cocok untuk kamu, karena arus laut yang sangat tenang.
                            • Pantai Sanur merupakan lokasi terbaik untuk melihat keindahan pemandangan matahari terbit.
                            • Terdapat perahu tradisional yang berjajar di area pinggir pantai.
                            Pariwisata.id
                            Kebalikan dari Pantai Kuta Bali yang menawarkan pemandangan matahari terbenam, oleh karena itu pantai ini memiliki nama lain yaitu Pantai Matahari Terbit.

                            Kegiatan Seru Yang Dapat Kamu Coba Di Pantai Sanur

                            Pantai Sanur dan area sekitarnya menawarkan berbagai kegiatan seru yang menyenangkan, seperti :

                            √ Snorkelling Dan Sea Walking

                            Bolehtanya.com
                            Bagi kamu yang gemar berselancar, Pantai Sanur memang bukan tempat yang tepat, namun kamu bisa melakukan snorkelling di sini.

                            Selain snorkelling, ada juga sea walking, yaitu "berjalan" di dalam air dengan helm kaca khusus, sehingga menawarkan sensasi unik di bawah laut.

                            √ Memandang Matahari Terbit Dan Terbenam

                            Rentalmobilbali.net
                            Pantai Sanur terkenal dengan panoramanya saat matahai terbit dan terbenam.

                            Karena itu, tak heran jika pantai ini sering menjadi latar belakang fotografi, termasuk untuk album pernikahan.

                            √ Mendayung Kano

                            Permukaan air di Pantai Sanur yang tenang membuatnya cocok sebagai tempat bermain perahu kano.

                            Pantai Sanur memiliki tempat penyewaan kano dengan tarif murah yang cocok untuk seluruh keluarga.

                            √ Bersepeda

                            Di area sekitar Pantai Sanur juga tersedia jasa penyewaan sepeda yang bisa kamu manfaatkan untuk menikmati suasana pantai. Dengan tarif murah, kamu bisa menyusuri tepi pantai yang mengarah dari timur ke selatan.

                            Kawasan wisata Pantai Sanur merupakan paket wisata yang cocok untuk semua orang, dan bisa kamu nikmati dengan modal yang tidak terlalu mahal.

                            Ragamtempatwisata.com

                            Alamat Lokasi Pantai Sanur

                            • Jl. Danau Buyan, Desa Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali, Indonesia
                            • 9 Km dari pusat Kota Denpasar
                            • 17 Km dari Legian
                            • 19 Km dari Kuta

                            Cara Menuju Ke Pantai Sanur

                            Ada beberapa cara untuk bisa mencapai Pantai Sanur. Jika kamu datang dari Kuta, rute ke tempat ini cukup dekat, hanya sekitar 17 Km dan bisa ditempuh selama 20 menit menggunakan mobil atau motor.

                            Tarif rata-rata penyewaan mobil di Bali adalah sekitar Rp 250.000 - Rp 350.000 per 24 jam, ditambah Rp 100.000 - Rp 200.000 juka menyewa sopir.

                            Untuk sepeda motor, tarif rata-ratanya antara Rp 50.000 - Rp 100.000 per 24 jam.

                            Pengunjung dari Bandara Ngurah Rai bisa naik taksi langsung ke Sanur dengan tarif rata-rata Rp 150.000.

                            Jika kamu menyewa mobil dari Denpasar, kamu bisa menempuh rute lewat Tol Bali Mandara dan Bypass Ngurah Rai untuk sampai ke Sanur.

                            Kamu juga bisa memilih alternatif lebih murah, yaitu menggunakan aplikasi transportasi online, yang belakangan ini semakin populer di Bali.

                            Peta Lokasi & Petunjuk Arah Menuju Pantai Sanur Bali

                            Cara Mengatasi Suara Hp Kecil Jadi Keras Lagi

                            Suara HP Mengecil - Pernah tidak kamu mengalami masalah pada suara hp yang keluar dari speaker terdengar kecil bahkan hampir tidak keluar bunyinya ? Anehnya, pengaturan volume padahal sudah full.

                            Memang masalah suara hp kecil ini hampir terjadi di semua hp android, namun jika dibiarkan tentu akan mengakibatkan :

                            nada dering tidak terdengar, notifikasi wa tidak bunyi bahkan suara youtube kecil

                            Saturday, February 8, 2020

                            Baby's Day Out


                            Happy New Year everyone!
                            Setelah sekian lama tidak menulis, akhirnya muncul juga postingan ini. Banyak petualangan yang ingin didokumentasikan, apa daya waktu tidak memadai. Hal ini dikarenakan ada yang ingin bergabung dalam petualangan kami. 

                            Ya, akhir tahun lalu anggota keluarga kami bertambah. Ada Baby Lynns yang juga ingin ikut jalan-jalan. Dan tentu saja kami juga senang dengan bertambahnya peserta kelayapan kami =D

                            Diawal tahun ini, kami pun mengadakan Baby Day's Out. Awalnya sih karena kebiasaan setiap tanggal 1 kami selalu kelayapan ke mall untuk melihat dekorasi natal. Maka seperti tahun-tahun sebelumnya, kami pun merencanakan untuk melihat dekorasi natal di mall. Tiba-tiba Papa punya ide untuk mengajak oma dan opa mencoba MRT. Mumpung orang-orang sedang istirahat setelah tahun baruan. 

                            Rupanya tahun baru kali ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hujan sudah mengguyur Jakarta dari sejak malam. Kami pun waswas takut MRT kebanjiran. Untungnya walaupun banyak berita banjir di sana-sini, MRT tetap beroperasi seperti biasa. 
                            Mesin tiket yang sudah mulai dapat digunakan.
                            Kami memilih naik dari Stasiun Blok M. Stasiun MRT Blok M berintegrasi dengan Blok M Plaza sehingga kami tidak perlu takut kehujanan. Tujuan kami adalah stasiun Istora. Stasiun Istora merupakan stasiun yang dekat dengan Pacific Place. Kalau tadi platform stasiun Blok M berada di atas, maka platform stasiun Istora berada di bawah tanah. Jadi opa bisa merasakan saat MRT diatas dan saat MRT di bawah tanah.
                            Buat yang mau beli ini-itu, bisa ke sini juga.
                            Saat kami tiba di Stasiun Istora, ternyata sudah waktu menyusu si kecil. Kami pun mencari ruang menyusui. Ruang menyusui terletak di dekat toilet dan ruang P3K. Awalnya kami menyangka bahwa ruang menyusui hanya ruang kecil saja. Ternyata ruang menyusuinya cukup besar, bersih, dan nyaman. Two thumbs up deh pokoknya. Semoga bertahan kebersihannya, ya.
                            Changing Station.
                            Setelah menyusui, kami kembali lagi naik kereta menuju Stasiun Blok M. Berbeda dengan pagi hari yang tidak begitu ramai, nampaknya sudah banyak orang yang bangun dan beraktivitas dengan menggunakan MRT. Kereta yang kami naiki pun lebih ramai dan banyak yang berdiri.
                            Berpose dulu sambil menunggu kereta tiba.
                            Tujuan kami berikutnya adalah melihat dekorasi natal bertema BT21 di Senayan City. Apa sih BT21? BT21 merupakan nama dari 8 karakter yang dibuat oleh BTS, group boyband asal negeri ginseng. Karakter ini diciptakan oleh BTS dan Line pada tahun 2017 silam. 8 karakter itu adalah Koya (RM), RJ(Jin), Shooky (Suga), Mang (J-Hope), Chimmy (Jimin), Tata (V), Cooky (Jungkook), dan robot Van.
                            Sally The Duck
                            Berfoto dengan Koya
                            Angkat beban dengan Cooky.
                            Adik pun ikut foto walaupun tidur.
                            Kok bisa tahu? Anak-anak mendengar cerita dari teman-teman lesnya. Jadi, siapa bilang anak homeschool kuper =D
                            Abaikan muka mereka...
                            Yang ini namanya Tata.
                            Setelah puas berfoto disetiap spot yang ada, kami pun makan siang di Burger King. Dan karena waktunya si kecil menyusu tiba (namanya juga bayi baru lahir, kerjaannya menyusu dan tidur), kami pun pergi ke ruang nursery mereka. Dibanding saat kakak masih kecil, Senci kini mempunyai ruang nursery istimewa. Di sini ada tiga bilik untuk menyusui dan empat changing station. Bahkan di sini disediakan breast pump medela jika si ibu ingin memompa tetapi lupa membawa pompa. Selain itu disediakan juga kulkas untuk menyimpan asip sementara si ibu ingin berkeliling mall. Luar biasa, bukan?
                            Bergaya imut seperti Chimmy.
                            Bahkan mereka (BT21) pun punya locker.
                            Semua karakter BT21 ada di pohon natal ini loh.
                            Pemberhentian kami berikutnya adalah Pacific Place. Tema dekorasi natal tahun ini adalah Pink Paradise. Karena temanya pink, maka pohon natalnya pun berwarna pink. Jika diamati, pohon natal ini disusun dari ban renang flamingo. Dengan kata lain, Pink Paradise merupakan dekorasi dengan nuansa flamingo yang berwarna pink.

                            Pink Paradise dari atas.
                            Pohon natal pink dengan dua flamingo di depannya=D
                            Flying Flamingo
                            Walaupun bernuansa pink, tetapi warna pink-nya tidak membosankan dan tidak norak. Bahkan adik yang tidak begitu suka warna pink juga tetap semangat berfoto di setiap spot yang disediakan.
                            Spot wajib di PP
                            Another beautiful spot.
                            Pose mirip flamingo kata adik.
                            Selesai sudah acara Baby's Day Out kami. Walau tidak selama biasanya, menyesuaikan dengan si kecil, namun cukup menghibur oma opa di awal tahun ini. Next time, petualangan kita akan lebih seru ya, nak :)