Sunday, October 6, 2019

5 Tips Booking Hotel Saat Liburan Bersama Anak

Tips booking hotel, booking hotel, pesan hotel, hotel, liburan, traveling, liburan kerluarga, liburan bersama anak,
Akuratnews.com
Tips traveling - Selain moda transportasi, penginapan juga menjadi salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat liburan bersama anak.

Tentu akan banyak yang akan di pertimbangkan ketika memilih penginapan, mulai dari kenyamanan, fasilitas yang ditawarkan, hingga peraturan yang diterapkan, apakah ramah anak atau tidak.

Pastinya kamu gak mau kan momen liburan yang seharusnya menyenangkan berubah menjadi buruk hanya karena anak rewel?

Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan, simak dulu 5 tips booking hotel berikut ini yang dilansir dari laman situs reservasi.com.


1. Perhatikan Peraturan Hotel, Apakah Sesuai Dengan Usia Anak

Tips booking hotel, booking hotel, pesan hotel, hotel, liburan, traveling, liburan kerluarga, liburan bersama anak
Tripadvisor.com.ve
Sebelum melakukan booking, penting untuk membaca kebijakan dan peraturan yang diterapkan oleh hotel tersebut.

Biasanya, setiap hotel memiliki kebijakan dan peraturan yang berbeda.

Pada beberapa hotel, mungkin akan mengizinkan anak kecil pada usia tertentu untuk menginap secara gratis selama masih menggunakan tempat tidur milik orang tuanya.

Namun, ada juga beberapa hotel yang menerapkan peraturan tidak menerima tamu anak-anak (dibawah usia 12 tahun).

Misalnya di Bali, ada beberapa hotel di Bali yang menerapkan peraturan tersebut.

Oleh sebab itu, penting untuk membaca dan memahami kebijakan serta peraturan yang diterapkan terlebih dahulu sebelum melakukan booking.

2. Pilih Tipe Kamar Yang Tepat

Tips booking hotel, booking hotel, pesan hotel, hotel, liburan, traveling, liburan kerluarga, liburan bersama anak, kamar hotel, tipe kamar hotel, kamar hotel tipe connecting
Klikhotel.com
Setelah menemukan hotel yang akan menjadi target pemesanan, selanjutnya kamu perlu memilih tipe kamar yang tepat.

Ada dua jenis tipe kamar, yakni tipe connecting dan adjoining, yang masing-masing memiliki kelebihannya tersendiri sesuai dengan kebutuhan tamunya.

Kamar hotel dengan tipe connecting adalah dua kamar yang bersebelahan yang didalamnya terdapat pintu sebagai penghubung,

sehingga tamu memiliki akses masuk antar kamar tanpa harus keluar kamar terlebih dahulu.

Sedangkan untuk tipe adjoining adalah dua kamar yang bersebelahan namun di dalamnya tidak terdapat pintu penghubung, sehingga tamu harus keluar kamar terlebih dahulu untuk masuk ke kamar yang satunya.

Jika kamu berlibur dengan anak kecil, kamar dengan tipe connecting sangat pas untuk di booking. Karena anak kecil masih membutuhkan pengawasan ekstra dari orang tuanya.

Namun, jika kamu berlibur dengan anak yang sekiranya sudah bisa mandiri, lebih baik pesan kamar dengan tipe adjoining, sehingga privasi orang tua lebih terjaga.

3. Pilih Kamar Yang Memiliki Bathtub

Tips booking hotel, booking hotel, pesan hotel, hotel, liburan, traveling, liburan kerluarga, liburan bersama anak
Tripsavvy.com
Selanjutnya, pilihlah kamar yang memiliki bathtub ketika kamu liburan bersama anak.

Dengan kamar mandi yang di dalamnya terdapat bathtub, akan memudahkanmu dalam memandikan si kecil.

Selain itu, anak akan merasa lebih senang karena biasanya anak kecil suka bermain dan berendam di air.

4. Pilih Kamar Hotel Yang Menyediakan Minibar

Tips booking hotel, booking hotel, pesan hotel, hotel, liburan, traveling, liburan kerluarga, liburan bersama anak, minibar, minibar hotel room, minibar hotel, minibar kamar hotel
Tripsavvy.com
Bagi yang traveling dengan membawa bayi, keberadaan minibar ini cukup membantu.

Karena minibar ini bisa digunakan untuk menyimpan persediaan ASI, makanan bayi, serta keperluan bayi lainnya.

Setelah melakukan booking, mintalah petugas untuk mengosongkan dan mensterilkan minibar demi menjaga kesehatan buah hati.

5. Tersedia Kolam Renang Anak

Tips booking hotel, booking hotel, pesan hotel, hotel, liburan, traveling, liburan kerluarga, liburan bersama anak, kolam renang, kolam renang anak, kolam renang hotel
Gudeg.net
Fasilitas juga menjadi faktor penting ketika memilih sebuah hotel.

Salah satu fasilitas hotel yang menjadi pertimbangan adalah kolam renang.

Kenapa? Karena kebanyakan anak kecil selalu suka bermain di kolam.

Oleh karena itu, kolam renang anak adalah wahana bermain yang sangat menyenangkan bagi anak kecil.

Namun, sayangnya tidak semua hotel memiliki fasilitas tersebut, kalaupun ada itu pun khusus untuk dewasa.

Jadi, pastikan dulu ketersediaan kolam renang anak sebelum melakukan booking.


Itulah ke-5 tips booking hotel yang bisa kamu terapkan ketika hendak liburan bersama anak. Selamat berlibur.

Semoga liburannya menyenangkan.

Friday, October 4, 2019

Cara Mengontrol Volume Suara Tanpa Tekan Tombol Volume Hp Android

Cara Mengontrol Volume Suara Tanpa Tekan Tombol Volume Hp Android - Tombol volume hp android yang tidak lagi berfungsi, sekarang bisa kita atasi dengan cara alternatif yaitu dengan menggunakan aplikasi android. Hal ini tentu akan berguna sekali buat kamu yang enggan memperbaiki hp ke tukang servis hp jika mengalami kerusakan pada tombol volume hp. Lalu bagaimana cara kerjanya dan bagaimana mengaturnya? silahkan baca artikel ini sampai bawah ya..

Cara Mengontrol Volume Suara Tanpa Tekan Tombol Volume Hp Android

Untuk aplikasi yang digunakan untuk mengontrol volume hp android, yaitu aplikasinya bernama Volume slider. Dimana aplikasi ini berfungsi untuk mengatur volume suara dengan memanfaatkan langsung pada layar hp. Jika umumnya untuk mengatur layar menggunakan tombol volume pada bilah samping yang terdapat di ponsel, kini kita bisa langsung mengaturnya langsung pada layar hp kita tanpa harus menekan tombol volume hp tersebut.

Baca Juga :

Disamping aplikasi ini kita dapat gunakan untuk mengatur volume suara atau musik, ternyata aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengatur kecerahan/brightness layar. Hanya dengan sentuhan pelan atau tipis-tipis saja pada layar ke atas atau kebawah, kalian akan lebih mudah mengatur kecerahan layar, yang bisa kalian sesuaikan dengan kenyamanan anda.

Dan pada umumnya untuk penggunaan aplikasi volume hp android ini (volume slider), banyak orang gunakan ketika sedang menonton secara streaming video seperti saat nonton video di aplikasi youtube, instagram, facebook dan lain sebagainya. Dengan itu kita bisa dengan praktis mengatur volume maupun kecerahan layar sesuai keinginan langsung pada layar smartphone. Lalu bagaimana caranya?. Silahkan simak dan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Mengontrol Volume Suara Tanpa Menekan Tombol Volume di Hp Android :

  • Silahkan kalian download dan install aplikasi Volume Slide pada google playstore.
  • Jika sudah silahkan beri izin aplikasi untuk mengakses smartphone kalian.

    Cara Mengontrol Volume Suara Tanpa Tekan Tombol Volume Hp Android

    • Jika sudah kalian bisa melihat menu aplikasi ini. Silahkan kalian atur volume slide yang kalian butuhkan, seperti untuk mengatur volume suara media, notifikasi, Brightness, ataupun yang lainnya.
    • Jika sudah silahkan kalian tes sendiri saat kalian nonton video dengan streaming dan aturlah volume suara nya dengan langsung pada layar hp kalian.
    Cara Mengontrol Volume Suara Tanpa Tekan Tombol Volume Hp Android


    Demikian lah tutorial yang dapat kami sampaikan di kesempatan kali ini tentang cara mengontrol volume hp android tanpa tekan tombol volume hp atau langsung mengaturnya pada layar hp dengan praktis dengan menggesernya saja. Semoga artikel ini dapat berguna bagi kalian dan menjadi solusi alternatif sementara jika memang tombol hp kalian rusak dan belum sempat memperbaikinya. Terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya.

    Thursday, October 3, 2019

    Sifat - Sifat Minyak Solar

    Sifat - Sifat Minyak Solar - Minyak solar ialah fraksi minyak bumi berwarna kuning coklat yang jernih yang mendidih sekitar 175-370� C dan yang digunakan sebagai bahan bakar mesin diesel. Umumnya, solar mengandung belerang dengan kadar yang cukup tinggi. 

    Penggunaan solar pada umumnya adalah untuk bahan bakar pada semua jenis mesin diesel dengan putaran tinggi (diatas 1000 rpm), yang juga dapat digunakan sebagai bahan bakar pada pembakaran langsung dalam dapur-dapur kecil yang terutama diinginkan pembakaran yang bersih. Minyak solar ini biasa disebut juga Gas Oil, Automotive Diesel Oil, High Speed Diesel.


    Sifat - Sifat Minyak Solar


    Diantara sifat-sifat bahan bakar solar yang terpenting ialah kualitas penyalaan, volatilitas, viskositas, titik tuang dan titik kabut.

    1. Kualitas Penyalaan
    Kualitas penyalaan bahan bakar solar yang berhubungan dengan kelambatan penyalaan, tergantung kepada komposisi bahan bakar. Kualitas bahan bakar solar dinyatakan dalam angka cetan, dan dapat diperoleh dengan jalan membandingkan kelambatan menyala bahan bakar solar dengan kelambatan menyala bahan bakar pembanding (reference fuels) dalam mesin uji baku CFR (ASTM D 613-86). 

    Sebagai 8 bahan bakar pembanding digunakan senyawa hidrokarbon cetan atau nheksadekan (C16H34), yang mempunyai kelambatan penyalaan yang pendek dan heptametilnonan (isomer cetan) yang mempunyai kelambatan penyalaan relatif panjang.

    2. Volatilitas
    Volatilitas bahan bakar diesel yang merupakan faktor yang penting untuk memperoleh pembakaran yang memuaskan dapat ditentukan dengan uji distilasi ASTM (ASTM D 86-90). Makin tinggi titik didih atau makin berat bahan bakar diesel, makin tinggi nilai kalor untuk setiap galonnya dan makin diinginkan dari segi ekonomi. 

    Tetapi hidrokarbon berat merupakan sumber asap dan endapan karbon serta dapat mempengaruhi operasi mesin. Sehingga bahan bakar diesel harus mempunyai komposisi yang berimbang antara fraksi ringan dan fraksi berat agar diperoleh volatilitas yang baik.

    3. Viskositas
    Viskositas bahan bakar solar perlu dibatasi. Viskositas yang terlalu rendah dapat mengakibatkan kebocoran pada pompa injeksi bahan bakar, sedangkan viskositas yang terlalu tinggi dapat mempengaruhi kerja cepat alat injeksi bahan bakar dan mempersulit pengabutan bahan bakar minyak akan menumbuk dinding dan memebentuk karbon atau mengalir menuju ke karter dan mengencerkan minyak karter.

    4. Titik tuang dan titik kabut
    Bahan bakar solar harus dapat mengalir dengan bebas pada suhu atmosfer terendah dimana bahan bakar ini digunakan. Suhu terendah dimana bahan bakar solar masih dapat mengalir disebut titik tuang.  Pada suhu sekitar 10� F diatas titik tuang, bahan bakar solar dapat berkabut dan hal ini disebabkan oleh pemisahan kristal malam yang kecil-kecil. 

    Suhu ini dikenal dengan nama titik kabut. Karena kristal malam dapat menyumbat saringan yang digunakan dalam system bahan bakar mesin diesel, maka seringkali titik kabut lebih berarti dari pada titik tuang.

    5. Sifat-sifat lain
    Sifat-sifat bahan bakar solar lainnya yang perlu juga diperhatikan ialah kebersihan, kecenderungan bahan bakar untuk memberikan endapan karbon dan kadar belerang. Bahan bakar solar harus bebas dari kotoran seperti air dan pasir. 

    Adanya pasir yang sangat halus yang terikut bahan bakar solar dapat mengakibatkan keausan bagian injektor bahan bakar. Kadar abu dalam bahan bakar merupakan ukuran sifat abrasi bahan bakar. Kecenderungan bahan bakar solar untuk memberikan endapan karbon dan asap dalam gas buang dapat ditunjukkan dengan uji sisa karbon. 

    Belerang dalam bahan bakar solar dapat mengakibatkan korosi pada sistem injeksi bahan bakar dan setelah pembakaran dapat mengakibatkan korosi pada cincin torak, silinder, bantalan dan system pembuangan gas buang. 


    Sifat - Sifat Lain Minyak Solar

    • Tidak memiliki warna atau minyak solar dapat berwarna kuning mudan dan memiliki bau.
    • Minyak Solar tidak mudah menguap, pada temperatur normal (suhu ruangan) minyak solar tidak mudah untuk menguap.
    • Minyak Solar memiliki titik nyala api atau temperatur yang akan mulai terbakar pada suhu 40 C - 100 C. Jika dibandingkan dengan bahan bakar bensin, minyak solar memiliki titik nyala yang lebih tinggi karena bensin hanya memiliki titik nyala sekitar 10 C � 15 C.
    • Minyak Solar  memiliki temperatur nyala atau flash point (menyala sendiri pada suhu 350 C tanpa adanya percikkan bunga api. Dibandingkan dengan bahan bakar bensin, minyak solar memiliki flash point yang lebih rendah karena bensin memiliki flash point sekitar 380 C.
    • Minyak Solar   Memiliki berat jenis sekitar 0,82 sampai 0,86.
    • Tenaga panas atau nilai kalori yang dapat dihasilkan adalah 10.500 kcal/kg.
    • Memiliki kadar sulfur yang lebih banyak dibandingkan dengan bahan bakar bensin.

    6. Cetane Number (Angka Cetane)
    Pada mesin diesel kecepatan tinggi bahan bakar yang cocok digunakan adalah minyak solar. Faktor penting untuk menentukan banyaknya perbandingan kompresi maka pada bahan bakar bensin dikenal dengan istilah RON (Research Octane Number) seddangkan pada bahan bakar diesel (minyak solar) dikenal dengan istilah angka cetane (Cetane Number). 

    Sifat-sifat detonasi (knocking) pada motor diesel ditunjukkan oleh angka cetane. Semakin tinggi angka cetane pada bahan bakar solar maka solar tersebut akan lebih mudah menyala.

    Untuk menentukan angka cetane digunakan bahan bakar yang memiliki nilai standar yaitu memiliki campuran dari normal cetane (C16H34) dan memiliki jangka waktu pada periode pembakaran tertunda yang sangat pendek, dengan a-methyl naptalene (C16H7CH3) dalam satuan volume. 

    Bahan bakar solar yang diukur akan dibandingkan dengan bahan bakar solar dengan nilai standar lalu perbandingan angka cetane yang dikandung dibanding dengan bahan bakar standar merupakan angka cetane dari bahan bakar solar yang diukur.

    Klasifikasi Minyak Solar

    ASTM (American Standard Testing and Material) membagi bahan bakar solar menjadi tiga grade, yaitu :
    • Grade No.1-D : suatu bahan bakar distilat ringan yang mencakup sebagian fraksi kerosin dan sebagian fraksi minyak gas, digunakan untuk mesin diesel otomotif dengan kecepatan tinggi.
    • Grade No.2-D : suatu bahan bakar distilat tengahan bagi mesin diesel otomotif, yang dapat juga digunakan untuk mesin diesel bukan otomotif, khususnya dengan kecepatan dan beban yang sering berubah-ubah.
    • Grade No.4-D : suatu bahan bakar distilat berat atau campuran antara siatilat dengan minyak residu, untuk mesin diesel bukan otomotif dengan kecepatan rendah dengan kondisi kecepatan dan beban tetap.

    Spesifikasi Mutu Minyak Solar

    Bahan bakar minyak yang dipasarkan harus memenuhi persyaratan teknis tertentu sesuai dengan kebutuhan penggunaannya yang disebut dengan spesifikasi. Dalam hal ini spesifikasi teknis bahan bakar sama di setiap Negara tergantung dari jenis dan tipe kendaraan. 

    Spesifikasi nasional di setiap Negara dapat sedikit berbeda, karena perbedaan kondisi negara tersebut, seperti jenis dan populasi kendaraan, ketersediaan minyak bumi sebagai bahan baku, kemampuan kilang, sistem distribusi, faktor ekonomis dan peraturan keselamatan kerja dan lindungan lingkungan.

    Bahan bakar kendaraan bermotor yang dalam hal ini bahan bakar minyak solar untuk kendaraan bermesin penyalaan kompresi (compression ignition engine) yang beredar di pasaran di Indonesia diatur dan dibatasi dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh pemerintah (Direktorat Jendral Minyak dan Gas Bumi). 


    Minyak Solar Yang Beredar Dipasaran

    1. Solar 48
    Bahan bakar solar 48 adalah bahan bakar yang mempunyai angka setana CN (Cetane Number) minimal 48. Mutu solar 48 ini dipasaran di Indonesia dibatasi dengan spesifikasi bahan bakar minyak solar jenis 48 sesuai dengan surat keputusan Direktur Jendral Minyak dan Gas Bumi Nomor 3675K/24/DJM/2006 tanggal 17 Maret 2006.

    2. Solar 51
    Bahan bakar minyak solar 51 adalah bahan bakar minyak solar yang mempunyai angka setana minimal 51 dengan kadar sulfur lebih sedikit dibanding solar 48. Kandungan sulfur solar 51 ini maksimal 0,05 % m/m atau 500 ppm sedang solar 48 maksimal 0,35 %m/m atau 3500 ppm. 

    Mutu minyak solar 51 di pasaran di Indonesia dibatasi dengan spesifikasi bahan bakar minyak solar jenis 51 sesuai dengan surat keputusan Direktur Jendral Minyak dan Gas Bumi 22 No.3675K/24/DJM/2006 tanggal 17 Maret 2006. 

    Akibat Yang Timbul Ketika Melepas Thersmostat

    Akibat Yang Timbul Ketika Melepas Thersmostat - Kendaraan saat ini telah dirancang dan lengkapi dengan thermostat pada sistem pendingin mesinnya. Fungsi dari thermostat ini adalah untuk meningkatkan efisiensi suhu atau temperatur kerja mesin agar tetap terjaga optimal.

    Temperatur mesin yang terjaga, berdapak pada tenaga mesin yang jauh lebih maksimal dan konsumsi BBM (Bahan Bakar Minyak) yang lebih efisien. Tetapi, jika thermostat dilepas dari mesin, maka mesin akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai suhu (terperature) sempurna. Temperature kerja mesin yang normal mencapai 80�c - 90�c.

    Bagian - Bagian Thermostat

    Efek Melepas Thermostat Dari Mesin

    Beberapa pemilik mobil ada yang melepas thermostat dengan harapan jika mesin selalu dingin dan jarum pada engine temperature indicator dapat selalu berada dibawah. 

    Perlu diingat bahwa pada mesin yang terlalu dingin atau dibawah temperature ideal kerja mesin hanya akan menimbulkan detonasi (Knocking) dan polusi yang dihasilkan dari proses pembakaran mesin lebih tinggi yang tentunya berdapak juga pada konsumsi bahan bakar. 

    Saat thermostat telah dilepas dari sirkulasi air pendingin mesin, maka saluran by pass dengan jarak lebih pendek dalam menyalurkan air pendingin dan akan selalu terbuka karena tidak ada lagi yang menutup saluran tersebut.

    Saat mesin bekerja terlalu berat atau terlalu lama, maka isapan water pump akan berkurang untuk mengalirkan saluran air yang sudah didinginkan melalui saluran by pass.

    Sehingga ketika kendaraan melaju cepat mesin akan overheat (mesin terlalu panas) karena air yang bisa dihisap radiator telah berkurang. Jika hal ini sering terjadi, maka akan berdampak tidak baik bagi mesin bahkan dapat mengakibatkan radiator tersumbat.

    Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ketika thermostat dilepas dari mesin, maka hanya air panas yang bersumber dari cylinder head yang akan diputar lebih banyak. Sangat jelas bukanlah air yang telah dibuang panasnya atau suhunya oleh kipas radiator.

    Efek lainnya ketika thermostat dilepas, maka sirkulasi air pendingin tidak akan ada yang mengatur lagi. Hasilnya saat mesin dingin, air tetap bersirkulasi atau berputar menuju radiator. Akibatnya mesin menjadi lebih lama untuk mencapai suhu kerja yang ideal.

    Tidak adanya thermostat juga dapat mengakibatkan kerja ECU menjadi kacau. Data sensor yang tidak akurat akan membuat ECU memerintahkan pasokan campuran bahan bakar dan udara yang tidak akurat. 

    Karena thermostat dicabut sirkulasi air terus berjalan ketika temperatur mesin panas ataupun ketika temperatue mesin dingin. Itu menjadikan data besaran temperatur ke ECU tidak akurat lagi.

    Maka akibatnya ECU akan memerintahkan terus melakukan fuel enrichment. Bila itu terjadi tentu pemakaian BBM tidak efisien. Ini disebabkan suhu mesin yang tidak pernah mencapai suhu kerja ideal.

    Letak Sensor Toyota Avanza Atau Daihatsu Xenia

    TipsSolusi.com - Letak Sensor Toyota Avanza Atau Daihatsu Xenia - Kali ini akan dibahas tentang letak sensor dan aktuator yang terdapat pada mobil :
    • Toyota Avanza
    • Toyota Rush
    • Daihatsu Xenia
    • Daihatsu Terios.
    Kontruksi mesin tipe D-EFI

    Alasannya karena keempat mobil tersebut menggunakan basic mesin dan sistem injeksi tipe D-EFI yang sama,  yang menjadikan pembedanya cc.
    Posisi Sesor Dan Aktuator

    Letak Sensor Toyota Avanza, Toyota Rush, Daihatsu Xenia Dan Daihatsu Terios Berserta Fungsinya

    Sistem EFI tidak dapat terlepas dari komponen elektronika. Salah satu komponen elektronika dalam sistem EFI adalah sensor.
    Secara umum, sensor berfungsi untuk mendeteksi suatu kondisi atau keadaan.

    MAP berfungsi untuk mendeteksi tingkat kevacuman pada intake manifold setelah throtle body yang diakibatkan isapan dari mesin. Sensor ini sering disebut juga sebagai sensor vakum, karena fungsinya memang untuk membaca tekanan atau kevakuman. Pada mesin tipe D-EFI sensor ini terletak di sebelah kiri di rumah filter udara.

    MAP (Manifold Absolute Pressure)

    2. TPS (Throttle Position Sensor)
    Throttle Position Sensor berfungsi untuk memantau posisi throttle apakah terbuka sebagian, terbuka penuh atau tertutup, dan untuk mengetahui berapa persen (%) katup gas (throttle valve) dibuka atau seberapa lebar katup gas terbuka saat pedal gas diinjak. Semakin besar bukaan throttle yang terbaca, maka ECU akan memberikan bahan bakar lebih banyak jika dibandingkan ketika bukaan throtlle kecil. TPS atau throttle position sensor terletak di throttle body atau katup gas.

    TPS (Throttle Position Sensor)

    Engine Coolant Temperature Sensor berfungsi untuk mengontrol temperatur dari cairan pendingin atau air radiator pada saat kerja mesin. Sehingga temperatur air radiator akan dibaca oleh sensor Engine Coolant Temperature sebagai referensi suhu mesin. 

    Ketika suhu mesin dingin maka bahan bakar yang diinjeksikan ke dalam silinder akan ditambah dan sebaliknya. Lalu ketika saat mesin sudah mencapai suhu kerjannya ECU memerintahkan kipas radiator untuk berputar. Sensor ini terletak di bagian belakang kepala silinder / cylinder head, dekat rumah thermostat.
    ECT (Engine Coolant Temperature)


    4. CMP (Camshaft Position Sensor)
    Camshaft Position Sensor (CMP Sensor) berfungsi untuk memberikan data masukan ke ECU tentang posisi langkah mesin, untuk menentukan langkah isap dimana saat langkah ini terjadi pembukaan injektor / penginjeksian. CMP Sensor terdiri atas komponen elektronik yang terdapat di dalam sensor case dan tidak dapat distel maupun diperbaiki.

    Sensor ini mendeteksi posisi piston pada langkah kompresi melalui putaran signal rotor yang diputar langsung oleh camshaft untuk mengetahui posisi pembukaan dan penutupan intake dan exhaust valve. Pada mesin mobil tipe D - EFI letak CMP sensor berada di dekat camshaft lebih tepatnya di bagian belakang silinder head bagian atas.
    CMP (Camshaft Position Sensor)

    5. CKP (Crankshaft Position Sensor)
    Crank Shaft Posision Sensor (CKP Sensor) berfungsi untuk mendeteksi posisi crankshaft (poros engkol). Sensor ini mengirimkan sinyal ke ECU (Electronic Control Unit), ECU akan mengatur waktu terjadinya penyemprotan bahan bakar, menentukan lama penyemprotan, menghentikan pasokan bahan bakar pada waktu deselerasi & menentukan waktu pengapian. Sensor ini berada di bagian depan dari mesin bagian bawah tepatnya didekat pulley crankshaft atau poros engkol (depan bawah mesin)
    CKP (Crankshaft Position)

    6. IAT (Intake Air Temperature)
    Intake Air Temperature Sensor berfungsi sebagai pengukur suhu udara yang masuk. Dari sinyal yang diberikan IAT sesor, ECU akan menentukan jumlah bahan bakar yang akan diinjeksikan berdasarkan suhu mesin yang terbaca.

    Contoh : saat cuaca dingin maka jumlah bahan bakar akan ditambah agar mesin mudah untuk dihidupkanmendeteksi suhu udara yang masuk ke intake manifold. Sensor ini terletak pada filter udara yaitu setelah saringan udara. Sensor ini berada di air filter bagian depan kiri, sesuai dengan namanya.
    IAT (Intake Air Temperature)


    7. Knock Sensor
    Knock Sensor berfungsi untuk mendeteksi terjadinya ketukan atau knocking pada mesin. Knocking terjadi karena pembakaran yang tidak sempurna pada mesin. Sensor ini bertugas mendeteksi knocking (getaran yang dihasilkan oleh piston yg diakibatkan timing pengapian terlalu maju), saat terjadi knocking maka timing pengapian akan dimundurkan.

    Sebaliknya saat tidak terjadi knocking maka timing pengapian akan dimajukan sampai nyaris terjadi knocking, karena pada posisi itulah akan didapatkan timing pengapian yang pas sehingga mesin dapat menghasilkan performa yang maksimal

    Knock sensor terbuat dari piezo electric element yang menghasilkan tegangan ketika piezo electric element-nya berubah bentuk, hal ini terjadi pada saat block silinder vibrasi yang disebabkan karena terjadinya knocking. Sensor ini terletak di block cyilinder bagian kiri.

    Knock Sensor

    O2 sensor / Oxygen Sensor adalah sensor gas buang, sensor oksigen berfungsi untuk mengukur kadar oksigen pada gas buang, kadar oksigen ini akan menunjukan tingkat emisi yang dihasilkan mesin. Dari kadar oksigen pada gas buang inilah nantinya dapat diketahui sempurnya tidaknya pembakaran yang terjadi di dalam silinder. 

    Misalnya jika kadar oksigen pada gas buang lebih besar dari 3% maka dapat diketahui bahwa campuran bahan bakar yang masuk ke dalam silinder terlalu kurus (terlalu irit). Sehingga oksigen tidak habis dibakar dengan bahan bakar, dan jika oksigen kurang dari 0,3% maka campuran bahan baar terlalu gemuk / boros. Sensor ini terletak pada exhaust manifold
    Oxygen Sensor (O2 Sensor)

    Letak Aktuator Toyota Avanza, Toyota Rush, Daihatsu Xenia Dan Daihatsu Terios Beserta Fungsinya

    Aktuator berfungsi untuk mengeksekusi perintah dari ECU

    1. EVAP (Vacuum Switching Valve) atau VSV
    VSV bukan termasuk sensor tetapi aktuator, fungsi katup VSV (EVAP) adalah untuk membuka saluran uap bensin dari tanki melalui charcoal canister, uap bensin dari tanki tersebut akan ikut terbakar didalam mesin. Katup VSV biasanya bekerja setelah kondisi mesin sudah panas.

    Yang mana diantara tangki dan intake manifold atau saluran masuk akan dihubungkan dengan sebuah selang yang dijembatani oleh katup VSV ini. Uap bahan bakar yang dikeluarkan dari tangki akan ikut dibakar di dalam ruang bakar mesin. Katup VSV ini bekerja saat mesin sudah mencapai suhu kerja normal
    EVAP (Vacuum Switching Valve)

    Komponen ini bukan bagian dari sensor, ISC valve merupakan Aktuator, ISC berfungsi untuk mengatur kecepatan idle mesin dengan mengatur suplai udara di idle port pada throtle saat idle / stasioner, langsam atau putaran mesin tanpa beban. Dengan cara bypass katup gas atau throtle valve dalam kondisi tertutup.
    ISC (Idle Speed Control Valve)

    3. OCV (Oil Control Valve)
    OCV bukan termasuk jenis sensor, melainkan aktuator. OCV berfungsi untuk mengatur oli mesin yang masuk ke VVT-i
    OCV (Oil Control Valve)

    Injektor merupakan actuator yang berfungsi untuk menyemprotkan atau mengabutkan bensin ke dalam mesin atau ke dalam ruang bakar. Umumnya injektor ini terletak di cylinder cop atau kepala silinder dari mesin.
    Injektor


    5. Pompa Bensin (Fuel Pump Gasoline)
    Pompa bahan bakar berfungsi untuk meningkatkan tekanan dari bahan bakar sebelum diinjeksikan oleh injektor ke dalam ruang bakar. Pompa bahan bakar ini umumnya pada mobil Avanza, Xenia, terios dan Rush terletak didalam tangki bahan bakar.
    Pompa Bensin (Fuel Pump Gasoline)

    6. Kontrol Cut AC System (Air Conditioner)
    Kontrol Cut AC System (Air Conditioner) memiliki fungai sebagai berikut :
    • Bila engine mencapai temperatur 107� C maka AC akan di cut atau dimatikkan
    • Ketika pedal gas atau katup throttle gas dibuka lebih dari ketentuan dari kecepatan kendaraan maka akan membuat AC akan otomatis di cut atau dimatikkan

    7. Kontrol Electric Cooling Fan
    Kontrol Electric Cooling Fan memiliki fungsi sebagai berikut :
    • Bila temperatur engine mencapai 98� C maka electric fan akan bekerja untuk mendinginkan air pendingin
    • Bila AC dihidupkan maka electric fan akan bekerja
    • Bila sensor temperatur air pendingin rusak maka fan akan bekerja

    8. EGR (Exhaust Gas Recirculation)
    EGR atau Exhaust Gas Recirculation  merupaka sebuah teknologi di mana teknologi EGR ini bertujuan untuk mengurangi Kadar Nox pada gas buang yang dihasilkan pada proses pembakaran engine / mesin. Pada hal ini adalah mesin pembakaran dalam atau internal combustion engine.

    EGR bekerja dengan cara mensirkulasikan kembali sisa hasil pembakaran untuk kemudian dicampur kembali dengan udara bersih di intake manifold. Teknologi EGR sudah diterapkan pada mesin bensin maupun pada mesin diesel. Dengan menggunakan teknologi EGR maka emisi gas buang (polusi gas buang) dapat diperkecil

    Tuesday, October 1, 2019

    New Adventure Park di Padma Bandung


    Masih ingat dengan kisah staycation kami yang pertama kali di Padma? Seperti iklan, kesan pertama selalu menggoda, kesan pertama kami saat di Padma juga begitu berkesan. Sangking berkesannya, anak-anak selalu bertanya kapan kita menginap di Padma lagi. Apalagi Duo Lynns semangat untuk mengajak opa agar opa bisa ikutan yoga di sana.
    Rumah pohon.
    Pucuk dicinta ulam tiba. Akhirnya kami mendapatkan waktu yang tepat untuk kembali staycation di Padma. Apalagi tersedia harga promo yang berdekatan dengan hari ulang tahun kakak. Kali ini kami pergi bersama oma opa. Sekalian mengajak oma opa kulineran di Bandung
    Wayang apakah ini?
    Berbeda dengan kunjungan kami yang pertama kali di hari biasa, kali ini promo yang kami dapatkan adanya di hari Minggu. Setelah kami bermain dulu ke Farmhouse, kami pun sampai di Padma sekitar jam satu siang. Bayangan kami, pasti check in tidak akan lama karena kan biasanya Minggu tidak ramai. Nampaknya kami salah.
    Pemandangan siang hari. Panas tapi anginnya sejuk.
    Ternyata hari Minggu ini banyak sekali yang baru mau menginap di Padma. Kami pun diminta menunggu sambil diberikan welcome drink. Rupanya banyak keluarga muda dari Jakarta yang menginap hari ini. Ada juga beberapa pasangan yang datang dan baru mau check in.
    Tisyu ajaib kalau kata adik.
    Salah satu staf yang bernama Miss Florence menyapa kami dan mengajak ngobrol sambil bertanya ada acara istimewa ataukah kami hanya menginap biasa. Kami pun bercerita memang ingin jalan-jalan. Miss Florence pun menanyakan apa ada yang ulang tahun. Kami pun menjawab lusa adalah ulang tahun si kakak. Miss Florence pun menawarkan untuk memberikan early birthday surprise saat sarapan besok. Kami sempat waswas takutnya si kakak malah malu, tetapi akan menjadi kejutan yang menyenangkan untuk si kakak. Akhirnya kami pun menyetujuinya.
    Jadwal kegiatan hari itu.
    Selesai proses check in, kami pun segera menuju kamar kami. Oleh pihak Padma, kamar kami di-upgrade ke Premier King. Wah, senang sekali rasanya. View yang kami dapatkan juga berbeda dengan sebelumnya. Karena letaknya di lantai 6, maka udara terasa lebih sejuk dibanding kamar-kamar yang diatas.
    Kamar mandinya itu loh....ada Bathtub kesukaan anak-anak.
    Premier King, lengkap dengan balkon.
    View dari balkon. Hijau dan segar...
    Berbicara soal makanan, memang tidak diragukan lagi kalau makanan di Padma selalu enak. Tahu susu saat afternoon teamenjadi favorit anak-anak. Oma opa yang baru pertama kali menginap di Padma pun senang karena suasana dan makanannya.
    Berenang setelah afternoon tea. Nyamannya....
    Yang tampak berbeda kali ini adalah fasilitas untuk anak-anak. Sekarang semua kegiatan anak-anak berada di lantai 8. Padma memperluas tempat main untuk anak-anak dan diberi nama Adventure Park. Di Adventure Park ini ada berbagai macam kegiatan.
    Tangga menuju Adventure Park. Lumayan untuk bumil berolahraga.
    Untuk yang mau bermain dengan hewan, disediakan Rabbit Land, Bird Park, dan area memancing. Rumah kelincinya pun imut dan kelincinya pun montok-montok. Area playground yang disediakan berbentuk kapal bajak laut. Jadi sambil bermain, bisa sambil berimajinasi.
    We are the pirate. We can do anything.
    Rumah Kelinci. 
    Kelincinya montok dan bersih.
    Boleh masuk loh ke Bird Park.
    Salah satu yang baru lagi adalah Hobbit House. Hobbit House ini merupakan tempat anak-anak melakukan kegiatan. Setiap hari pasti ada cooking class. Saat kami datang, cooking class yang ada adalah menghias roti tawar. Kemudian kegiatan berbau craft seperti menghias kendi.
    Hobbit House.
    Little chef in action....
    Menghias roti ala kakak.
    Menghias roti ala adik.
    Kendi hasil karya Duo Lynns
    Untuk yang suka kegiatan menantang, Padma pun menambahkan aktivitas yang ada. Jika dulu ada area panahan, wall climbingdan flying fox, sekarang ada yang namanya high rope. Tentunya adik semangat melihat permainan yang seperti ini. Semua kegiatan yang memacu adrenalin ini diikuti dengan bahagia dan bahkan lebih dari sekali.
    High rope part 1.
    High rope part 2.
    High rope part 3.
    Adik manjat dulu sebelum main flying fox.
    Bagaimana dengan early birthday surprise untuk kakak? Ternyata hari itu ada 3 orang yang berulang tahun. Jadi kakak tidak curiga akan ada kejutan. Sehingga saat kakak mendapatkan birthday cake, dia terkejut dan senang sekali.
    Muka bahagia dapat balon ultah.
    Birthday cake kakak.
    Kunjungan kami di Padma memang selalu berkesan. Terutama dengan hospitality dari Miss Florence dan staff yang ada. Setiap kegiatan yang ada di Padma sayang untuk dilewatkan. Saat check out pun, oma dan opa bertanya kapan lagi bisa menginap di sini.
    Padma train.
    Pose sebelum pulang.
    Kalau dipikir-pikir, memang agak lucu kali ini kami bisa mendapatkan harga promo sehingga dapat staycation saat ulang tahun adik dan juga saat ulang tahun kakak. Berkat Tuhan memang tidak disangka bukan? 
    Bajak lautnya mungil.